Dark/Light Mode

Digitalisasi UMKM, Shopee Dukung Inisiatif AKI 2022 Kemenparekraf

Jumat, 2 September 2022 17:12 WIB
Foto: Dok. Shopee Indonesia
Foto: Dok. Shopee Indonesia

 Sebelumnya 
Seller Terpilih

Pemerintah melalui Kemenparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2024. Untuk memenuhi target tersebut, dilakukan pembinaan terhadap ribuan UMKM di seluruh Indonesia melalui program AKI 2022.

Seller Shopee yang menjadi salah satu UMKM terpilih, Annisa pada tahun 2020 lalu, berusia 21 tahun ini mendirikan brand hijab bernama Ayysee Official.

Baca juga : Mengenal Aplikasi X8 Speeder Dengan Berbagai Fitur Andalan

Brand ini hadir dari keresahan Annisa sebagai pengguna hijab, yang kerap kali mengalami kendala saat membeli pakaian yang diinginkan, mulai dari sulitnya menyesuaikan ukuran baju yang dijual di retail hingga keperluan aksesoris hijab yang tidak efisien.

Annisa yang memiliki latar belakang pendidikan di Jurusan Tata Busana ini menghadirkan produk hijab sebagai jawaban atas permasalahan tersebut. Ayysee Official dengan slogan ‘Bringing you the modest solution’ mulai merilis berbagai produk hijab inovatif.

Salah satunya adalah produk dalaman hijab yang dapat digunakan untuk berolahraga dan beraktivitas sehari-hari. Hasilnya, produk hijab yang bernama Inner Ninja Hatori ini laris manis hingga terjual lebih dari 10 ribu produk di Shopee.

Baca juga : Perkuat Digital UMKM, Telkom Resmikan IndigoSpace SDK Semarang

Annisa juga menyediakan produk inovatif lain seperti Compact Hijab Kit, yakni kumpulan aksesoris hijab sampai gamis dengan berbagai macam ukuran. Perkembangan pesat Ayysee Official tidak lepas dari pemanfaatan teknologi digital melalui platform e-commerce Shopee.

Titik pertumbuhan pertama ia rasakan saat mengikuti kampanye tanggal kembar pada tahun 2021. Berkat kampanye tersebut, pesanan yang diterima Ayysee bertambah hingga 3 kali lipat dari biasanya.

Di sisi lain, Annisa juga memanfaatkan fitur lain yaitu menaikkan produk setiap 4 jam sekali dan memaksimalkan fitur Shopee Feed.

Baca juga : Dorong Pemulihan Ekonomi, BCA UMKM Fest 2022 Kembali Digelar

“Saat ini, Ayysee dapat menerima 20 hingga 80 paket pesanan setiap harinya serta mengekspor produknya hingga Malaysia dan Singapura melalui Program Ekspor Shopee,” ungkapnya.

Untuk mengembangkan bisnisnya lebih lanjut, Annisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program AKI yang diselenggarakan di kota tempat tinggalnya, Sidoarjo.

Melalui program ini, Annisa mendapatkan pelatihan bootcamp selama 3 hari dari Shopee. Selain itu, sejumlah produk Ayysee dan 20 finalis AKI lainnya asal Sidoarjo akan dipamerkan di acara puncak pada 2-4 September 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.