Dark/Light Mode

Pengusaha Transportasi Minta Pemerintah Naikkan Tarif Penyeberangan

Rabu, 7 September 2022 20:24 WIB
Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) meminta Pemerintah untuk menaikkan tarif penyeberangan. Hal ini karena imbas naiknya harga BBM.

Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan, angkutan penyeberangan sungai dan danau yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia menggunakan BBM subsidi.

Biaya operasional saat ini saja sudah lebih dari 40 persen. Untuk itu pengusaha angkutan penyeberangan meminta adanya penyesuaian tarif.

Baca juga : Kerap Merugi, Peternak Unggas Minta Pemerintah Terbitkan PP Perlindungan Peternak

"Meminta kepada Pemerintah segera memberikan keputusan dan penetapan penyesuaian tarif angkutan penyeberangan antar provinsi, tarif angkutan penyeberangan antar kota dalam provinsi, tarif angkutan penyeberangan antar lintasan di kabupaten/kota serta tarif angkutan sungai dan angkutan danau," tegasnya di Jakarta, Rabu (7/9).

Khoiri juga meminta agar Pemerintah menjamin pasokan dan kelancaran pasokan BBM subsidi merata sesuai kebutuhan di seluruh Indonesia tidak terkecuali, dengan tingkat mutu sesuai spesifikasi yang seharusnya.

"Pemerintah agar tegas dan mengambil langkah cukup guna mengawasi penyaluran BBM subsidi sesuai ketentuan, di mana selama ini setiap menjelang akhir tahun distribusi BBM subsidi selalu mengalami kelangkaan," ujarnya.

Baca juga : Kemenhub Naikkan Tarif Ojol, Berlaku 10 September

Gapasdap, kata Khoiri, juga menyakinkan pengusaha angkutan penyeberangan agar tetap menjaga kondusifitas pada lintasan masing-masing saat ada penyesuaian tarif yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

"Dan harus menjaga kondisi yang tertib, aman sebagai wujud komitmen Gapasdap terhadap kebutuhan pergerakan masyarakat baik orang maupun logistik," katanya.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno memastikan akan ada kenaikan tarif angkutan penyeberangan. Namun, sejauh ini masih dalam tahap pembahasan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.