Dark/Light Mode

Arara Abadi Kembali Gelar Program DMPA Di Kampar

Sabtu, 10 September 2022 23:34 WIB
PT Arara Abadi salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyerah kerbau sebagai bagian Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di Kabupaten Kampa. (Foto: Ist)
PT Arara Abadi salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyerah kerbau sebagai bagian Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di Kabupaten Kampa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Arara Abadi salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau kembali melaksanakan Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) di Kabupaten Kampa.

Perseroan menyerahkan bantuan 8 ekor kerbau yang terdiri dari 7 ekor kerbau betina dan 1 ekor kerbau jantan di Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Bantuan ini sekaligus sebagai wujud dan pembuktian kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang berada di sekitar konsesi perusahaan.

Penyerahan bantuan ini di serahkan langsung oleh penanggung jawab program DMPA PT Arara Abadi -APP Sinar Mas Regional Riau, Miswanto didampingi oleh staff Kiswanto serta Humas dari Distrik Tapung, Arnelus Zendrato serta Staf Humas PT AA. Alpian, yang diterima oleh Ketua Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ridho Ikhsan yang didampingi Plt. Kepala Desa Bencah Kelubi, Nurmansyah yang juga Sekretaris Camat Tapung.

Baca juga : Perhutani Dan Universitas Jambi Gelar Program Merdeka Belajar

Menurut Miswanto, Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) merupakan suatu program yang digagas oleh PT. Arara Abdi yang telah dimulai sejak tahun 2017 sampai saat ini kepada masyarakat di sekitar areal konsesi perusahaan. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di sekitar konsesi perusahaan.

Perseroan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk berusaha terutama dalam membuka atau membersihkan lahan, tidak harus melakukan pembakaran yang mengakibatkan Karhutla nantinya.

Bantuan DMPA ini merupakan bantuan periode kedua PT Arara Abadi Distrik Tapung untuk masyarakat Desa Bencah Kelubi sekitarnya. Bantuan DMPA periode pertama berupa budidaya ikan nila sebanyak 10.000 ekor, alat tangkap ikan (jaring) sebanyak 4 buah, budidaya ikan patin 5.000 ekor, bercocok tanam semangka seluas 3 hektare bercocok tanam cabe keriting seluas 0.025 hektare, bercocok tanam talas seluas 1 hektare, bercocok tanam cabe rawit seluas 0,025 hektare.

Baca juga : Maskapai China Airlines Kembali Terbang Ke Bali

Dan, selama bantuan periode pertama berjalan, Perusahaan PT Arara Abadi selalu melakukan pendampingan baik dari perusahaan maupun dari tenaga ahli yang berguna untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang mendapat bantuan.

Plt Kepala Desa Bencah Kelubi, Nurmansyah mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan dari Arara Abadi ini, dan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT Arara Abadi Distrik Tapung.

“Kami sangat mengapresiasi yang luar biasa kepada PT Arara Abadi yang memberikan perhatian kepada Desa Bencah Kelubi khususnya,” katanya.

Baca juga : Tayang Perdana Di ANTV, Duel Perebutan Gelar Juara One Pridre MMA Digelar Malam Ini

kemudian dengan adanya bantuan ini, akan menimbulkan potensi ekonomi melalui  hewani, yang nantinya akan berkembang dan akan menjadi pioner untuk menggerakan ekonomi masyarakat Desa Bencah Kelubi, dan berharap agar PT Arara Abadi lebih mengawasi dan meninjau dari program ini, agar terjadi perkembangan yang lebih baik dari hewan ternak di Desa Bencah Kelubi ini.

Apalagi hari ini salah satu upaya dari PT Arara Abadi memberikan bantuan kepada Desa khususnya kepada BUMDes, ini mungkin suatu pioner yang pertama di Kabupaten Kampar, bahwa salah satu kepedulian perusahaan kepada pengembangan Desa untuk menggerakan ekonomi melalui BUMDes. Dan berharap BUMDes dapat mengelola dengan baik bantuan dari PT Arara Abadi yang berupa kerbau sebanyak 8 ekor ini, dan ini bukan jumlah yang sedikit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.