Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Telkom Dukung Visi Sistem Data Katalog Nasional

Selasa, 13 September 2022 13:21 WIB
Kick Off Pembangunan Sistem Data Katalog Nasional yang dihadiri oleh Kementerian PPN/Bappenas, Telkom Indonesia dan Forum Satu Data Indonesia berlangsung di Jakarta, Senin (12/9). (Foto: Istimewa)
Kick Off Pembangunan Sistem Data Katalog Nasional yang dihadiri oleh Kementerian PPN/Bappenas, Telkom Indonesia dan Forum Satu Data Indonesia berlangsung di Jakarta, Senin (12/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kick Off Pembangunan Sistem Data Katalog Nasional yang dihadiri oleh Kementerian PPN/Bappenas, Telkom Indonesia dan Forum Satu Data Indonesia berlangsung di Jakarta, Senin (12/9).

Pembangunan Sistem Data Katalog Nasional sejalan dengan Kepmen PPN/ Bappenas Nomor 115 Tahun 2022-2024 yang memuat program Pemanfaatan Data dalam mendukung Agenda Pembangunan Nasional.

Baca juga : Di Balik Hacker Data Khayangan

Oktorialdi, Staf Ahli Bidang Pemerataan dan Kewilayahan dan Koordinator Sekretariat Satu Data Indonesia Tingkat Pusat Kementerian menyampaikan bahwa diharapkan Sistem Data Katalog Nasional diharapkan dapat menjadi Ultimate Source of Information.

Rencana pembangunan katalog data bermula dari pembangunan portal Satu Data Indonesia di tahun 2021, Studi standar-standar katalog data, uji coba SDMX registry dalam portal Satu Data Indonesia (SDI), penyusunan SRS (FGD bersama BPS dan BIG), sosialisasi rencana pembangunan katalog data (dalam FGD data prioritas seluruh K/L dan pembina data).

Baca juga : Kemenag Dukung Investigasi Kasus Kekerasan Di Pesantren Gontor

Telkom Indonesia diharapkan dapat terlibat untuk mengkolaborasikan dan mengkoordinasikan data-data sehingga Portal SDI tidak hanya menggambarkan satu per satu data namun keterhubungan antar data sehingga memudahkan setiap K/L dan lembaga dalam mengambil dan mengelola data.

Bentuk komitmen Telkom dalam terwujudnya data yang terintegrasi juga dinyatakan dalam penyediaan layanan BigOne sebagai solusi atas platform data hub khususnya di daerah.

Baca juga : Telkom Lakukan Kunjungan Resmi Ke Batalyon TNI AD

Okto juga menyampaikan Katalog Data Nasional juga diharuskan dapat mengakomodir rancangan Arsitektur Data dan Informasi dalam program SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Selanjutnya akan dilakukan action plan untuk pengumpulan data prioritas K/L, pemetaan keterkaitan proses bisnis lintas K/L, usulan data prioritas tahun 2023, pembuatan data model untuk peningkatan kualitas data dan memperjelas keterhubungan data lintas K/L/D. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.