Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gobel: Saatnya Jepang Perkuat Investasi Pertanian Dan SDM Di Indonesia

Rabu, 3 Agustus 2022 20:38 WIB
Gobel: Saatnya Jepang Perkuat Investasi Pertanian Dan SDM Di Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel, mengajak Jepang untuk mengembangkan paradigma baru dalam menjalin hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

“Sebelum ini, Jepang banyak berkontribusi di sektor industri dan tambang. Namun, di usia 65 tahun, hubungan Indonesia-Jepang pada 2023 harus lebih memperkuat sektor pertanian dan sumberdaya manusia. Saatnya memperkuat hubungan people to people,” kata Gobel, Rabu (3/8).

 

 

Baca juga : Pemerintah Kudu Berjuang Menjadikan Kebaya Sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda Milik Indonesia

Hal itu disampaikan Gobel, saat delegasi DPR bertamu ke parlemen Jepang. Delegasi Indonesia dipimpin Gobel, yang didampingi Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi.

Sedangkan anggota delegasi lainnya adalah ketua dan anggota Komisi IV, Sudin (PDIP) dan Alien Mus (Partai Golkar), anggota Komisi XI Kamrussamad (Partai Gerindra) dan Charles Meikyansyah (Partai Nasdem), serta anggota Komisi VI Subardi (Partai Nasdem) dan Abdul Hakim Bafagih (PAN).

Sementara anggota parlemen Jepang diwakili Tatsuo Fukuda, Ohno Keitaro (merangkap wakil menteri urusan keamanan ekonomi dan manajemen kebencanaan), Taido Tanose, dan Takebe Arata (merangkap wakil menteri pertanian, kehutanan, dan perikanan).

Tatsuo Fukuda adalah cucu Takeo Fukuda, mantan perdana menteri Jepang. Ayah Tatsuo juga mantan perdana menteri Jepang, Yasuo Fukuda.

Baca juga : 2 Tahun Jelang Pemilu 2024, AHY Peringatkan 3 Ancaman Demokrasi

Yasuo adalah Presiden Asosiasi Persahabatan Jepang-Indonesia. Sedangkan Rachmat Gobel menjabat Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia-Jepang.

Pada kesempatan itu, Gobel menceritakan kunjungannya ke Jepang. Salah satunya ke kota Hokota, di Prefektur Ibaraki.

Hokota adalah pemasok utama sayuran dan produk holtikultura di Jepang. Produk unggulannya adalah melon ibaraki, strawberi, dan ubi jalar.

Sekitar 60 tahun sebelumnya, Hokota adalah kota yang miskin dengan infrastruktur yang buruk. Namun, mereka membangun sektor pertaniannya dan berhasil mengangkat kehidupan ekonomi masyarakat dan memajukan Kota Hokota.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Operasikan GI Full Digital Pertama Di Indonesia

“Kami datang untuk belajar. Kami juga menengok warga Indonesia yang sedang magang di Hokota. Jumlahnya, ada 543 orang," kata Gobel.

Dia mengatakan, pertanian adalah sektor yang makin strategis di masa kini. “Ada situasi geopolitik global dan ada masalah climate change. Ini berdampak pada krisis pangan dunia. Jadi, kita harus bekerja sama untuk menghadapi situasi ini,” jelas Gobel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.