Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bisnis Ekspor Tanaman Hias Menggeliat, Kementan Dukung Pameran Florikultura Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 09:51 WIB
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto (keempat kiri) usai memberikan keterangan prospek bisnis ekspor tanaman hias, di Jakarta, Selasa (9/8)/Ist
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto (keempat kiri) usai memberikan keterangan prospek bisnis ekspor tanaman hias, di Jakarta, Selasa (9/8)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong industri dan bisnis tanaman hias ekspor ke mancanegara, yang nilai dan permintaannya terus naik, khususnya dari Eropa. 

Dukungan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto saat menghadiri Press Conference Floriculture Indonesia International Convex yang digelar di Hotel Veranda, Selasa (9/8).

Menurutnya, selama 2020-2022, ekspor tanaman florikultura terus mengalami kenaikan signifikan. 

Berdasarkan data, pada Januari-Juli periode 2020-2022, jumlah ekspor tahun 2020 di angka 2,980 juta kg. Kemudian, pada 2021 sebesar 3,414 juta kg, dan 2022 sebesar 4,468 juta kg. “Jadi, ini naik hampir dua kali lipat," ujar Prihasto.

Lebih lanjut, Prihasto mengatakan, kurun waktu Januari sampai Juli 2022, nilai ekspor tanaman hias sudah mencapai Rp 1,3 triliun.

“Baru tujuh bulan, nilai ekspor tanaman hias sudah mencapai Rp 1,3 triliun, berasal dari 207 jenis tanaman hias dan ratusan. Bahkan ribuan pohon sudah dikirim ke luar negeri,” ujar Prihasto.

Baca juga : Jaga Ketahanan Pangan, Kementan Gelar Bimtek Tanam Sayuran Di Pekarangan

Menurut Prihasto, Eropa adalah pangsa pasar dengan permintaan terbanyak yang disusul Amerika, Jepang, Taiwan, Korea, Uni Emirat Arab dan Eropa Timur.

Prihasto berharap, bisnis tanaman hias ini dapat semakin meningkat dan menarik tidak hanya para perusahan eksportir, namun masyarakat secara luas, mengingat permintaan pasar luar negeri yang sangat bagus karena pengaruh inflasi, krisis energi dan situasi perang.

Permintaan pasar dunia akan tanaman hias Indonesia sangat potensial. Negara barat sedang mengalami krisis energi yang pada akhirnya banyak menutup green house untuk menghemat listrik. 

“Potensi ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha kita memasok tanaman hias ke sana," paparnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI) Rosy Nur Apriyanti.

Rosy mengatakan, tanaman hias menjadi hobi dan kesibukan masyarakat selama pandemi, sehingga permintaan akan komoditas ini meningkat.

Baca juga : Resmi Dibuka, Piala Presiden Esports 2022 Tampilkan Keindahan Budaya Indonesia

“Permintaan Anthurium naik 6 persen dibanding tahun 2020. Begitu juga dengan Dracaena naik 49 persen,” ujar Rosy yang biasa dipanggil Ochi. 

Pihaknya berharap, PFI konsisten terus berusaha agar industri tanaman hias ini semakin naik dan stabil, serta terus berkembang di tingkat internasional. 

Salah satu upaya yang dilakukan FPI adalah dengan menyelenggarakan event level internasional melalui acara Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) 2022.

“Event ini akan dilaksanakan offline pada 14-16 Oktober 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), yang bekerja sama dengan PT Fasen Creative Quality," jelas Ochi.

Senada dengan Ochi, Michael Bayu Sumarijanto selaku Presiden Direktur PT Fasen Creative Quality menjelaskan, FLOII dikembangkan dengan tujuan memfasilitasi semua pihak berkepentingan untuk bekerja sama mengembangkan industri tanaman hias di Indonesia. 

Menurutnya, FLOII Convex 2022 mempromosikan serta mendukung pengelolaan tanaman hias, konservasi keanekaragaman hayati, transaksi bisnis, hingga menampilkan display tanaman hias terlengkap. 

Baca juga : Frisian Flag Susu Komitmen Dukung Atletik Muda Indonesia

“FLOII Convex 2022 akan hadir dengan berbagai kegiatan. Yaitu pameran tanaman hias, konferensi, lokakarya, kontes, dan kegiatan sosial,” papar Bayu. 

Dengan mengangkat tema Empowering Mindscapes and Transforming Indonesia Tropical Plants Industry, FLOII Convex 2022 diharapkan menjadi titik awal menyusun rencana strategis industri tanaman hias Indonesia. Dan menjadi salah satu event internasional yang diakui dunia, sebagai pameran keanekaragaman hayati terlengkap dan pusat bisnis yang efektif.

Pada kesempatan tersebut, hadir Ketua Indonesian Aroid Society Ery Erlangga. Ery sangat menyambut baik gelaran acara ini.

Menurutnya, Indonesia mempunyai potensi ekspor dan pengembangan tanaman hias karena iklim bagus. 

“Acara ini menjadi ajang pertemuan antara penjual tanaman hias, kolektor maupun pengusaha. Kami berharap kerisauan, standarisasi terkait industri tanaman hias bisa dijawab dengan hadirnya event ini,” katanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.