Dark/Light Mode

Ketemu Prabowo, Airlangga Bahas Kemandirian Ekonomi, Ketahanan Nasional & Dinamika Geopolitik Dunia

Selasa, 20 September 2022 07:16 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam pertemuan di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (19/9). (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam pertemuan di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (19/9). (Foto: Humas Ekon)

 Sebelumnya 
Pemerintah juga menyiapkan anggaran untuk perluasan lahan tanam. Agar bisa meningkatkan produksi di dalam negeri, dan mengurangi impor pangan.

Seperti diketahui bersama, Presiden Jokowi telah menunjuk Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk turut membantu program food estate atau lumbung pangan nasional, bersama kementerian lainnya.

Baca juga : Lewat Kerja Sama IMT-GT, Pembangunan Ekonomi Kawasan Terus Ditingkatkan

Dalam program food estate di Kalimantan Tengah, Kemhan menanami singkong yang tentunya dapat diolah menjadi tepung, mie, hingga sumber energi.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan program yang lebih luas, tentunya akan dilakukan uji coba pada skala yang lebih kecil.

Baca juga : Jokowi-Prabowo Siapkan Desain Pertahanan Negara Di Indonesia Timur

Namun, jika program ini telah berhasil, akan dilakukan dalam skala yang lebih luas lagi, di berbagai wilayah Indonesia. Tak tertutup kemungkinan, melibatkan badan usaha.

Food Estate dapat dikembangkan sebagai pusat produksi cadangan pangan dari tanah milik negara, pengelolaan penyimpanan cadangan pangan untuk pertahanan negara, dan distribusi cadangan pangan ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Airlangga Serukan Ekonomi Adil Dan Ekonomi Hijau

Dalam kesempatan tersebut, keduanya juga sepakat untuk terus saling bekerja sama. Sesuai arahan Presiden Jokowi, dalam pidato kenegaraan 16 Agustus 2022. Semua lembaga negara perlu untuk selalu waspada, hati-hati dan siaga di tengah kondisi dunia yang tidak menentu.

Kemandirian ekonomi dan ketahanan nasional, merupakan pilar terpenting dalam mewujudkan cita-cita dan perjuangan bangsa Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.