Dark/Light Mode

LPEI Gandeng LDKPI Genjot Peningkatan Ekspor Nasional

Selasa, 20 September 2022 18:46 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) memperluas kerja sama sekaligus memperkuat kolaborasi dengan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional atau LDKPI (Indonesian AID), yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding).

Langkah ini juga dalam rangka meningkatkan ekspor nasional dan mewujudkan #KemenkeuSatu. Kerja sama keduanya juga menjadi satu upaya Pemerintah mendorong pemulihan ekonomi dengan menggenjot pertumbuhan ekspor nasional yang ditargetkan tumbuh 7,9 persen di tahun ini.

Di mana hingga Agustus 2022, kinerja ekspor Indonesia mencatat rekor tertinggi dalam sejarah dengan mencapai 27,91 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau naik 30,15 persen secara tahunan (year on year), dan 9,17 persen secara bulanan dibandingkan Juli 2022.

Baca juga : Lestari: Pengembangan Seni Tari Bantu Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Riyani Tirtoso memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LDKPI atas terwujudnya nota kesepahaman ini.

Untuk meningkatkan ekspor nasional, LPEI memberi dukungan dalam bentuk penyediaan fasilitas Pembiayaan, Penjaminan, Asuransi dan Jasa Konsultasi.

“Dengan fasilitas yang disediakan oleh LPEI, diharapkan sinergi bersama LDKPI dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pemberian hibah ini dapat mendukung pembangunan internasional dan peningkatan ekspor nasional,” ucap Riyani dalam keterangan resminya, Selasa (20/9).

Baca juga : Gandeng KPK, Irjen PUPR Iskandar Bahas Pencegahan Gratifikasi

Riyani mengungkapkan, komitmen kedua institusi ini untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam hal penyediaan layanan dan fasilitas yang saling melengkapi dalam mendukung program ekspor nasional.

“Kami berharap ke depan, peluang kolaborasi dengan LDKPI dapat terus ditingkatkan sekaligus menciptakan manfaat yang diharapkan dapat meningkatkan peran dan kontribusi LPEI dalam mendukung kerjasama pembangunan internasional,” harapnya.

Senada, Direktur utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing menyambut baik kerja sama strategis ini untuk mendukung beragam fasilitas yang dimiliki LPEI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.