Dark/Light Mode

Bisnis E-Commerce Naik Daun, Sinar Primera Bikin Premium Cold Storage Di Pluit

Rabu, 21 September 2022 15:30 WIB
Sinar Primera Group ground breaking premium cold stroge di Pluit, Jakarta Utara. (Foto: Ist)
Sinar Primera Group ground breaking premium cold stroge di Pluit, Jakarta Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Sinar Primera Group, melalui salah satu anak usaha PT Indah Bestari Permai yang bergerak di bidang properti industri inovatif, meluncurkan produk perdananya, premium cold storage, Sinar Primera Logistic Hub di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Dalam pembangunannya Sinar Primera Group bekerja sama dengan PT The Univenus, salah satu anak usaha APP Sinar Mas. Cold storage yang dibangun berstandar internasional dan modern.

Peluncuran produk ini untuk menjawab kebutuhan sistem rantai pendingin pada industri logistik di Indonesia, yang terus mengalami pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan rata-rata cold storage per tahunnya mencapai 6 persen seiring dengan berkembangnya layanan e-commerce serta pandemi Covid-19. 

Tingkat pertumbuhan tersebut juga didorong kian menggeliatnya populasi atau penikmat e-commerce yang sekarang ini cenderung memilih berbelanja secara online termasuk untuk kebutuhan bahan pokoknya seperti makanan, minuman dan sejenisnya.

Baca juga : Kata Biden, Pandemi Covid Telah Berakhir Di Amerika

Diharapkan pembangunan cold storage di Sinar Primera Logistic Hub Pluit ini dapat berkontribusi terhadap kebutuhan cold storage di Indonesia bagi penggiat bisnis frozen atau perishable food, maupun kegiatan pengiriman industri farmasi, komoditi pertanian serta barang. Melihat kebutuhan cold storage yang terus meningkat ini, penting untuk memilih cold storage dengan standar dan sistem yang jelas dalam pengoperasiannya untuk menjaga kualitas produk yang disimpan tetap dalam keadaan baik

“Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang mendukung pengembangan “new economy asset” melalui inovasi, pengembangan berkelanjutan, dan produk yang unggul. Dalam kesempatan ini, Sinar Primera Group meluncurkan cold storage yang berada di lokasi yang sangat strategis karena dikelilingi oleh area komersial, industri, dan komplek pergudangan Pluit, Jakarta Utara” ujar Direktur Sinar Primera Group, Deddy Djaja Ria, pada saat seremoni ground breaking yang dihadiri oleh perwakilan dari Sinar Primera Group, Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia, dan pejabat setempat, Rabu (21/9).

Cold storage di Sinar Primera Logistic Hub Pluit ini dibangun di atas lahan seluas ±3.290 m2 dengan total luas bangunan ±3.806 m2 yang terbagi menjadi 2 lantai dengan kapasitas total lebih dari 4.000 ton. Berlokasi dekat dengan Gerbang Tol Pluit dan Gerbang Tol Jembatan Tiga, cold storage Sinar Primera ini juga memiliki akses yang tidak jauh dari Pelabuhan Muara Karang, Pelabuhan Tanjung Priok, Ancol, Pantai Indah Kapuk, dan Bandara Soekarno-Hatta. Servis yang tersedia adalah chilled dan frozen storage yang akan dioperasikan dengan menggunakan warehouse management system (WMS) yang handal.

“Ke depannya akan ada pengembangan berupa cold storage, gudang modern dan pengembangan kawasan industri lainnya dari Sinar Primera Group di beberapa potensial area sebagai wujud kontribusi terhadap kemajuan industri yang inovatif. Kami ingin berkontribusi terhadap negeri ini dengan mendukung pembangunan industri seperti ini,” tambah Deddy.

Baca juga : Juara Piala Presiden Bikin Arema FC Pede Sukses Di Liga 1

Sementara itu, pemerintah daerah setempat mendukung ekspansi yang dilakukan Sinar Primera Group dengan penyediaan pembangunan cold storage yang dapat mendukung pergerakan bisnis yang lebih baik di wilayah tersebut.

Tumbuh 30 Persen Per Tahun

Chairman Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia, Hasanuddin Yasni menyambut baik adanya investor yang membangun sarana seperti ini, karena memang di daerah ini masih banyak diperlukan pembangunan cold storage, kebutuhan sistem rantai pendingin pada industri logistik di Indonesia, yang terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Pertumbuhan rata-rata pertahunnya untuk gudang penyimpanan cold storage mencapai 6-7 persen per tahun dan transportasi berpendingin mencapai 25-30 persen per tahun. “Urbanisasi penduduk dan perubahan gaya hidup kelompok milenial, juga menjadi pendorong pertumbuhan industri rantai pendingin kedepan dengan penyediaan hub-hub storage frozen food,” ujarnya.

Baca juga : Der Panzer Bikin Panas Di Awal

Selain cold storage, produk utama dari Sinar Primera Group lainnya adalah industrial township dan pergudangan logistik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.