Dark/Light Mode

Transisi Menuju Ekonomi Hijau, CIMB Niaga Batasi Pembiayaan Bisnis Batu Bara

Rabu, 21 September 2022 17:42 WIB
Foto: Dok. CIMB Niaga
Foto: Dok. CIMB Niaga

 Sebelumnya 
“Strategi ini dijalankan melalui dialog yang efektif dengan para nasabah, sehingga perjalanan keberlanjutan dilakukan bersama-sama antara bank dan nasabah atau left no one behind,” ujarnya.

Fransiska menambahkan, untuk beberapa portofolio pembiayaan hijau, CIMB Niaga memberikan program pendukung seperti memberikan banyak diskon khusus kepada nasabah target keberlanjutan. Di mana akan ada bunga khusus mendorong nasabah untuk lebih mempunyai proses model bisnis yang hijau.

“Dari internal KPI (Key Performance Index) karyawan kami juga diberikan target pinjaman kepada nasabah yang fokus sustainable. Kepada nasabah, kami melakukan transisi berkeadilan bahwa 2030 secara group, 50 persen portofolio batu bara akan terus dikurangi,” jelasnya.

Baca juga : Airlangga: Ekonomi Digital Hadirkan Peluang Baru Bagi Perekonomian Indonesia

Sementara bagi nasabah palm oil yang tidak tersertifikasi, CIMB Niaga juga kata Fransiska, memberikan waktu agar bisa memenuhi persyaratan dan mendukung nasabah.

“Kami dampingi dan bantu agar bisa mencapai bisnis yang lebih sustain,” sebutnya.

Kolaborasi Mitigasi Perubahan Iklim

Baca juga : Kembangin Ekonomi Dan Keuangan Syariah, BI Sabet Penghargaan Internasional

Rangkaian dari The Cooler Earth Sustainability Summit yang diinisiasi oleh CIMB Group di Malaysia pada tanggal 20-24 September 2022. Selain di Indonesia dan Malaysia, acara ini juga diselenggarakan di Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Kegiatan ini membawa misi berkelanjutan untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif dalam membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni.

Ajang sustainability ini dilaksanakan secara hybrid untuk mempertemukan para pakar dan pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk berdiskusi guna menciptakan masa depan berkelanjutan, memastikan solusi iklim, serta cetak biru pembangunan sosial yang inklusif, adil, dan merata.

Baca juga : Lestari: Bangun Kolaborasi Promosikan Potensi Wisata Desa

Adapun para pembicara yang hadir dalam acara ini, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto sebagai pembicara kehormatan yang hadir secara virtual, Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan, Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei.

Hadir pula Chair of B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani, Managing Director and Partner Boston Consulting Group Marc Schmidt, serta tiga pembicara utama. CIMB Niaga juga menyelenggarakan Penanaman Bambu di Lombok bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI), pada 24 September 2022.

Inisiatif konservasi bambu dilakukan CIMB Niaga bersama KEHATI sejak 2012. Bambu diniliai memiliki manfaat yang besar baik secara ekologis maupun ekonomis. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.