Dark/Light Mode

Gratyo Targetkan 1 Juta UMKM Naik Kelas Pada 2045

Rabu, 21 September 2022 21:36 WIB
Gratyo siap menjaring wirausaha untuk mendapat coaching di Indonesia Mencari Founders 2022. (Foto: ist)
Gratyo siap menjaring wirausaha untuk mendapat coaching di Indonesia Mencari Founders 2022. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gratyo Practical Business Coaching menghadirkan kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF). Kompetisi yang bertujuan mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur untuk di-coaching gratis selama 1 tahun agar bisnisnya bisa naik kelas.

"Saat ini banyak pihak yang berupaya menggenjot pertumbuhan UMKM baik dari sisi pemerintah maupun swasta. Salah satu cara yang dianggap bisa membantu akselerasi adalah dengan business coaching," ungkap Founder Gratyo Practical Business Coaching, Yohanes G. Pauly, Rabu (21/9).

Dengan business coaching, pelaku bisnis bisa menerapkan strategi praktis yang terbukti berhasil di lapangan.

Baca juga : BNI Dorong Ekspor Go Global Lewat Penguatan UMKM Naik Kelas Ber-NIB

Menurut Yohanes, pendekatan trial and error, salah satu cara pebisnis mengidentifikasi strategi yang tidak berhasil dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bisnis. "Jika kita bisa mempercepat proses pembelajaran trial and error ini, maka pebisnis UMKM bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya," tegas dia lagi.

Owner Gratyo Business, Versity Ferry Dafira menambahkan, bahwa misi utama dari IMF ini agar di 2045 akan ada 1 juta UMKM yang bisa naik kelas. "Agar berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian Indonesia yang bisa Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat," jelas Ferry.

Diprediksi International Monetary Fund di 2045 Indonesia akan menjadi negara ke-4 dengan ekonomi terbesar di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat.

Baca juga : BAPOMI DKI Targetkan Juara Umum POMNAS Ke 17 di Sumbar

Selaras dengan prediksi tersebut, menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada 2021 bahwa 61 persen dari peningkatan ekonomi dan Produk Domestik Bruto (PDB) disumbang oleh bisnis UKM. Bahkan bisnis UMKM ini menyerap 97 persen lapangan pekerjaan.

"Bisnis itu butuh transaksi, namun bisnis bukan hanya tentang transaksi, kita mau bisnis UMKM Indonesia naik kelas. Makanya kita berkolaborasi membuat Indonesia Mencari Founders ini," tambah Managing Principal dari MD. Co dan Managing Principal dari Sovereign’s Capital David Tjokrorahardjo.

“Saya percaya bisnis UKM itu bukan Usaha Kecil Menengah, tapi Usaha Kecil Milyaran” tambah Merry Riana, seorang entrepreneur, investor, dan content creator, yang juga adalah Managing Principal MD Co.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.