Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Bhayangkara Ke 73

Gandeng Bhayangkari, Pertamina Ajak Warga Balikpapan Peduli Lingkungan

Selasa, 23 Juli 2019 21:18 WIB
Pertamina gandeng Bhayangkari gelar kesehatan gratis di Balikpapan. (Foto: Pertamina)
Pertamina gandeng Bhayangkari gelar kesehatan gratis di Balikpapan. (Foto: Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Pertamina dan Bhayangkari berkolaborasi menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang mengajak warga Balikpapan untuk peduli terhadap lingkungannya. Tidak hanya menanam mangrove, namun juga lingkungan sekitar seperti edukasi anti narkoba dan pentingnya kesehatan untuk ibu dan anak.

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke 73 ini dilaksanakan di sejumlah lokasi di Balikpapan pada hari ini. Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian dan Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang berinteraksi langsung bersama dengan ratusan warga untuk menginisiasi pentingnya kepedulian terhadap sekitar dengan beragam tema.

Ada beberapa kegiatan yang digelar di saat yang bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2019 ini. Di antaranya adalah pemeriksanaan kesehatan yang dilakukan bersama oleh Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. 

Baca juga : Pertamina Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai Sedari - Karawang

Selanjutnya adalah dialog interaktif mengenai Anti Narkoba, Anti Kekerasan, Anti Pornografi dan Anti Hoax yang diselenggarakan di BSCC Dome. Pada kesempatan ini, juga dibagikan Buku Kreasi Busana Nusantara hasil kerjasama Pertamina dan Polri sebagai upaya untuk mengajak kecintaan terhadap budaya Indonesia.

Pada sore hari, Pertamina dan Bhayangkari juga melakukan beragam aksi untuk lingkungan seperti pembersihan pantai dan penanaman mangrove di Pantai Lamaru. Di sela-sela kegiatan, mereka juga menyempatkan untuk berdialog dengan sejumlah penggiat anti sampah plastik.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Bhayangkari menyelenggarakan beragam kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Seperti diketahui, Bhayangkari sudah sangat dikenal sebagai lembaga yang peduli terhadap masyarakat. 

Baca juga : Gubernur Banten Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan

“Ini sejalan dengan Pertamina yang juga konsisten dalam menerapkan program Corporate Social Responsibility (CSR) terutama di wilayah yang terdapat lokasi operasional kami," kata Ignatius.

Ignatius menambahkan, Kota Balikpapan dipilih sebagai lokasi pelaksanaan karena di wilayah ini terdapat banyak area operasi Pertamina, mulai dari produksi, pengolahan hingga pemasaran produk Pertamina. Selain itu, di kota ini Pertamina juga sedang menjalankan megaproyek Refinery Development Master Plan yang akan meningkatkan kapasitas kilang bertambah dari 260 MBSPD menjadi 360 MBSPD dan kualitas BBM yang dihasilkan akan setara dengan EURO V.

Selama ini, kepedulian Pertamina untuk masyarakat Balikpapan sudah tercermin dalam sejumlah program CSR yang digulirkan seperti Budidaya Kepiting Kariangau, Konservasi Mangrove Margomulyo, Sentra Souvenir Karang Joan Sungai Wain, Sobat Borneo Eco Education, dan Budidaya Lebah Madu. Kemudian ada Bantuan Air Bersih, Kampung Literasi, Sekolah Rawa Hutan Delta Mahakam, Eduwisata Mangrove, Konservasi Bekantan, dan Program Penguatan Masyarakat.

Baca juga : DPR: Amran Jaga Masa Depan Kedaulatan Pangan

Selain itu juga ada program CSR di Tarakan seperti Pemanfaatan EBT berbasis masyarakat, Sekolah Tapal Batas, dan Pengolahan Air Bersih. "Melaksanakan program CSR bagi kami merupakan ikhtiar untuk sama-sama dengan masyarakat menjadikan lingkungan yang lebih maju," pungkasnya. [DIT]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.