Dark/Light Mode

Brand Lokal Go Global, TEGUK Buka Gerai di Pusat SoHo, New York

Kamis, 29 September 2022 13:39 WIB
Gerai TEGUK di SoHo, New York, Amerika Serikat. (Foto: Teguk)
Gerai TEGUK di SoHo, New York, Amerika Serikat. (Foto: Teguk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan makanan minuman atau F&B asal Indonesia, yakni TEGUK, mengukir sejarah baru. Mereka go internasional dengan membuka gerai TEGUK di New York, Amerika Serikat (AS).

Gerai TEGUK berlokasi di 248 Mott Street, New York, NY 10012. Ini menjadi awal ekspansi TEGUK secara global sekaligus pembuktian produk UKM Indonesia bisa diterima di pasar global.

Grand opening gerai TEGUK di New York dilakukan, Sabtu siang (17/9) waktu New York atau Minggu (18/9) waktu Indonesia. Saat pembukaan, TEGUK memberikan promo "Pay as You Like" yang konsumen bisa membeli produk TEGUK dan membayarnya dengan harga yang diinginkan.

Promo ini membuat konsumen New York semakin antusias. Karena TEGUK yang selama ini dikenal sebagai “minuman mewah tak perlu mahal” hadir di New York, berlokasi di Pusat SoHo (South of Houston Street) yang merupakan area shopping dan banyak terdapat restoran. Banyak artis terkenal yang tinggal dekat lokasi ini.

Baca juga : Erick Thohir Berangkatkan UKM Tanah Air Ke Pasar Senggol Turki

Untuk pasar New York, pendiri dan juga CEO TEGUK Indonesia Maulana Hakim menyebut, 80 persen menu yang disajikan tidak ada di Indonesia. Pilihan itu diambil setelah melewati R&D selama lebih dari 3 bulan.

Pertimbangan itu diambil untuk mengikuti market, kompetisi, dan behaviour konsumen di Amerika Serikat. Khususnya dalam menikmati kategori minuman kekinian serta menggunakan bahan baku premium. Selain itu, TEGUK juga menjamin kehalalannya seperti boba.

Bos TEGUK yang ikut memantau antusiasme konsumen di hari pertama pembukaan gerai di New York ini mengaku mendapat banyak jempol dari pengunjung. Sejumlah pengunjung, sebutnya, mengatakan boba yang disajikan TEGUK adalah yang terbaik di New York City. “Pengunjung mengatakan boba kita itu the best boba in New York City,” kata Maulana Hakim.

Ia berharap, ke depan kolaborasi dalam hal ekspansi gerai di Amerika Serikat tidak hanya terbatas di New York City saja, tapi juga juga menyebar ke wilayah lain. Maulana menjelaskan, TEGUK adalah brand minuman kekinian pertama yang halal dengan berbagai series minuman dan makanan yang bervariasi, yang sejak awal memiliki visi untuk menjadi brand lokal yang go global.

Baca juga : Layani Mudik, Terminal Kampung Rambutan Buka Gerai Vaksin Booster

TEGUK 100 persen dimiliki pelaku wirausaha Indonesia, bukan franchise atau bukan model waralaba. “Kami ingin berkembang menjadi merek makanan dan minuman (F&B) yang tersedia di semua pasar, termasuk pasar global. Hal itu sesuai dengan visi kami menjadi ritel F&B Indonesia dengan kehadiran global yang kuat, dengan memungkinkan semua orang untuk menikmati produk berkualitas tinggi dan menyenangkan dengan harga yang wajar,” jelas Maulana Hakim.

TEGUK lahir pada September 2018, sebagai salah satu ritel F&B yang mengalami pertumbuhan yang tertinggi. Sudah lebih 180 gerai tersebar di Jabodetabek, Bandung, Karawang, Sukabumi, Garut, Cirebon, Tasikmalaya, dan Sumedang, dan terus meningkat. Selain dapat dibeli secara offline, TEGUK juga bisa dibeli secara online di platform delivery online dan marketplace.

Pendiri TEGUK lainnya, Najib Wahab, menyebut, TEGUK memungkinkan semua orang di seluruh kelas sosial ekonomi menikmati produk berkualitas tinggi dan menyenangkan dengan harga yang wajar. Dengan dibukanya gerai TEGUK di New York, secara langsung memperkenalkan perusahaan dan produk lokal dan warisan Indonesia ke pasar global. “Membuktikan bahwa melalui UKM Indonesia yaitu TEGUK bisa hadir di tingkat global dan mendapat eksposur yang kuat,” terangnya.

Dia melanjutkan, saat berdiri pertama kali TEGUK tertarik melihat kebiasaan orang untuk membeli minuman dalam cup yang semakin meningkat. Fenomena ini tidak hanya terjadi ketika orang berada di area pusat perbelanjaan, namun orang sudah membawa minuman dalam cup itu ke ruang rapat, tempat belajar, rumah dan lain-lain. Kebanyakan saat itu didominasi oleh brand-brand dari luar negeri yang ada di mall baik produk coffee, non-coffee yang harganya tentu mahal. “Kini kita hadir secara global dengan produk Indonesia sendiri, dan memperkenalkan bahwa produk berkualitas itu tidak harus mahal,” katanya.

Baca juga : Diresmikan Wagub Riza, Bank DKI Buka Gerai Samsat Di PGC Cililitan

Selain memiliki unique selling point (USP) sebagai minuman kekinian halal Indonesia yang tidak saja diminati Muslim tapi juga non-muslim. Pergerakan konsumen juga sudah merambah ke usia 25-35 tahun diluar 18-25 tahun dan tetap wanita.

Di samping itu, TEGUK memiliki kategori food yang unik dengan dihadirkannya kategori tradisional seperti odading, roti panggang dan makanan yang sedang tren dan unik lainnya seperti cuangki dan mie geprek.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.