Dark/Light Mode

Kemenkominfo Gelar Pelatihan Bhabinkamtibmas Riau Cakap Digital

Sabtu, 24 September 2022 13:19 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Relawan TIK Provinsi Riau (RTIK Riau) dan Kepolisian Daerah Riau (Polda Riau) menggelar pelatihan “Bhabinkamtibmas Cakap Digital”.

Program pelatihan digelar secara offline di Hotel Labersa, Kota Pekanbaru, dengan diikuti oleh 1.018 personel Bhabinkamtibmas Provinsi Riau.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi Bhabinkamtibmas Provinsi Riau di bidang teknologi digital.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Pemasaran Produk Via Instagram Di Sumatera

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto menyatakan, materi yang diberikan kepada para peserta kegiatan didasarkan kepada Empat Pilar Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital, dan Etika Digital.

“Materi-materi tersebut akan disampaikan kepada para anggota Bhabinkamtibmas Polda Riau untuk mengenal dan mengadopsi teknologi digital dalam menunjang tugas pokoknya sehari-hari dalam membina masyarakat, mendeteksi dini berbagai kemungkinan ataupun suasana yang ada di masyarakat, kemudian melakukan mediasi agar tercipta kondisi yang kondusif di dalam masyarakat,” kata Bonifasius, seperti keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (24/9).

Menurutnya, digelarnya program pelatihan tersebut berangkat dari hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021, yang menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia mencapai 3,49 dari 5,00.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Bisnis Digital Di Sumatera

Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori “sedang”.

Karena itu, kegiatan literasi digital yang diselenggarakan untuk para Bhabinkamtibmas ini menjadi salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan Polri menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Sementara itu, pelatihan “Bhabinkamtibmas Cakap Digital” merupakan salah satu upaya literasi digital untuk sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo.

Baca juga : Kemenkominfo Gelar Kelas Kebal Hoaks Buat Warga Bali

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.