Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakyat Merdeka Award 2022

Darmawan Junaidi, Tokoh Transformasi Digital Banking

Rabu, 28 September 2022 22:15 WIB
Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi (Foto: Humas Mandiri)
Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi (Foto: Humas Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi meraih Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit sebagai Tokoh Transformasi Digital Banking.

Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu malam (28/9).

Bank Mandiri tergolong sangat aktif melakukan percepatan digitalisasi. Livin by Mandiri, downloader-nya mencapai 17 juta user, pada September 2022.

Super aplikasi ini, telah melalui serangkaian penyempurnaan. Kini, bukan lagi sekedar akses digital pelayanan perbankan. Tapi juga menjadi bagian dari gaya hidup, melalui konsep one stop solution for all your lifestyle.

Menggandeng sejumlah mitra, Mandiri memberi kemudahan dan kenyamanan nasabah untuk transaksi sampai ke pembelian tiket perjalanan, entertainment, pengajuan kredit dan lain sebagainya.

Baca juga : Muhammad Awaluddin, Tokoh Transformasi dan Recovery Bandara

Jumlahnya mencapai 8 sampai 10 juta mainly aktif per harinya. Dan mampu mengeksekusi hingga 21 ribu transaksi per detik.

Transaksi Livin tahun ini diperkirakan mencapai Rp 2.000-an triliun.

“Saya rasa, tidak ada bank digital lain yang size-nya sebesar ini,” ujar Darmawan.

Data per Agustus 2022, jumlah transaksi digital melalui super aplikasi Livin by Mandiri naik 62 persen year on year, hingga 1.018 juta transaksi.

Layanan transfer, top up dan purchases seperti top up pulsa, e-wallet dan pembayaran e-commerce menjadi pendorong transaksi di Livin by Mandiri.

Baca juga : Djony Bunarto Tjondro, Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur 

Aplikasi Livin termasuk milestone penting dalam transformasi perbankan digital Mandiri. Lalu diikuti dengan aplikasi terbaru bernama Kopra.

Kopra by Mandiri disediakan untuk memfasilitasi kebutuhan nasabah pada segmen inti perusahaan. Menyediakan layanan digital single access, yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale dan ekosistemnya.

Kopra by Mandiri mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur cash management.

Juga fitur forex transaction, value chain financing, trade finance, smart account, serta online custody.

Kopra by Mandiri dilengkapi tiga varian layanan, yakni Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership.

Baca juga : Airlangga Hartarto, Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional

Sampai akhir Agustus 2022, transaksi wholesale Bank Mandiri mencapai 123 juta transaksi, dengan nilai mencapai Rp 6.449 triliun.

Transformasi digital juga dilanjutkan dengan meluncurkan layanan digital 241 smart branch di seluruh Indonesia. Karena masyarakat sudah terbiasa melakukan berbagai aktivitas melalui digital, pasca pandemi Covid-19.

Sejalan dengan ekspansi bisnis yang berkelanjutan, Bank Mandiri mampu menjadi bank dengan penyaluran kredit terbesar di Indonesia.

Hal ini terlihat dari realisasi pertumbuhan kredit Bank Mandiri secara konsolidasi per kuartal II 2022, yang menembus angka Rp 1.138,31 triliun atau tumbuh 12,22 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.