Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Perbaikan Amblesan Di 5 Titik Selesai, Perjalanan KA Kembali Normal

Sabtu, 8 Oktober 2022 15:28 WIB
Tim prasarana KAI memperbaiki amblesan di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Humas KAI)
Tim prasarana KAI memperbaiki amblesan di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan kereta api (KA), yang terganggu perjalanannya, diakibatkan amblesan di antara Stasiun Jeruklegi dan Stasiun Kawunganten. Juga Stasiun Sikampuh dan Stasiun Maos di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, hujan deras pada Jumat (7/10), menyebabkan amblesan di 5 titik sejak Sabtu (8/10) dini hari.

Badan rel terbawa arus air, sehingga jalan rel tidak dapat dilalui KA.

"KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan KA, baik yang perjalanannya mengalami keterlambatan, maupun yang perjalanannya dibatalkan. Sejak pukul 12.00 WIB, seluruh titik gangguan sudah diperbaiki dan berhasil dilalui oleh Kereta Api dengan kecepatan terbatas. Perjalanan kereta api mulai kembali normal," ujar Joni.

Baca juga : Jokowi: Alhamdulillah, FIFA Tak Jatuhkan Sanksi Untuk Sepak Bola Indonesia

Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, kepadatan di lintas masih terjadi. Secara bertahap, akan terurai.

KAI akan terus melakukan normalisasi pada titik-titik tersebut, hingga dapat dilalui kembali dengan kecepatan normal.

Perbaikan yang dilakukan diantaranya berupa penambahan ballast, pemadatan jalur, penggunaan pasir dan bantalan kayu. Serta berbagai langkah lainnya, untuk menormalkan kembali jalur KA.

Seluruh jajaran KAI terus berupaya semaksimal mungkin, untuk menormalkan kembali seluruh jadwal perjalanan kereta api.

Baca juga : Kurator Punya Peran Penting Selesaikan Masalah Harta Pailit

KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI juga memberikan pengembalian bea tiket hingga 100 persen, bagi pelanggan yang terdampak.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari, setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Informasi mengenai syarat dan detail ketentuan selengkapnya, dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Baca juga : Kasum Minta Pembentukan Tim Penyelesaian Kasus HAM Berat Dibatalkan

"Saya atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI, memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Kami sedang berupaya maksimal, agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," tutup Joni. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.