Dark/Light Mode

Raih RM Award 2022

Royke Makin Semangat Pacu UMKM Naik Kelas

Selasa, 11 Oktober 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sumringah saat menerima penghargaan RM Award 2022 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (28/9) malam. (Foto: Dwi Pambudo/RM).
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sumringah saat menerima penghargaan RM Award 2022 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (28/9) malam. (Foto: Dwi Pambudo/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sukses membantu memulihkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat pandemi. Bahkan, tak cuma itu, berhasil memperluas pasar ke luar negeri.

Atas capaian itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar meraih penghargaan Rakyat Merdeka (RM) Award sebagai Tokoh Transformasi UMKM Go International, lantaran perannya untuk membangkitkan UMKM Indonesia menembus pasar global.

Royke bilang, BNI memiliki cita-cita untuk terus membantu mengembangkan bisnis UMKM dan mampu bersaing di kancah internasional. Karena itu, ia selalu berpesan kepada jajarannya, agar selalu melakukan terobosan dalam hal pembiayaan UMKM.

Baca juga : Program Agregator Pertamina Bisa Bikin UMKM Naik Kelas

Royke menegaskan, penghargaan RM Award akan menjadi pemacu motivasi bagi jajaran BNI supaya bisa lebih banyak berinovasi demi membantu UMKM naik kelas dan loncat lebih tinggi lagi.

“Semua itu untuk pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Royke seusai menerima penghargaan RM Award 2022 dari Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9) malam.

Royke melihat, banyak keuntungan ekonomi Indonesia kalau UMKM bisa bangkit. Apalagi segmen ini memiliki kontribusi ekonomi yang besar, yakni lebih dari 60 persen dan penyerapan tenaga kerja hingga 97 persen.

Baca juga : Presiden Jokowi Apresiasi Sinar Mas Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

Dari sisi permintaan, BNI termasuk bank pelat merah yang mendukung Pasar Digital (PaDi) UMKM. BNI aktif memperbesar pengadaan barang dan jasa dari pelaku UMKM. Dan hal ini menjadi pasar yang cukup potensial bagi para pelaku UMKM untuk membangun usaha lebih berkelanjutan.

Sejumlah strategi yang dilakukan Royke, di antaranya membantu para pelaku UMKM mengubah model bisnisnya agar berbasis digital. Yakni, mengikuti perkembangan digitalisasi yang semakin masif.

Selain itu, BNI juga mendorong para pelaku UMKM dapat secara optimal memanfaatkan jaringan global yang dimiliki perseroan. Khususnya untuk memperluas pasar dengan berorientasi kepada bisnis ekspor.

Baca juga : Bos BTN Makin Semangat Atasi Backlog Perumahan

Royke memastikan, BNI akan terus membantu penuh para pengusaha Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya ke mancanegara. Sekaligus mendukung pembiayaan segmen UMKM diaspora di luar negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.