Dark/Light Mode

Raih RM Award 2022

Royke Makin Semangat Pacu UMKM Naik Kelas

Selasa, 11 Oktober 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sumringah saat menerima penghargaan RM Award 2022 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (28/9) malam. (Foto: Dwi Pambudo/RM).
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sumringah saat menerima penghargaan RM Award 2022 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (28/9) malam. (Foto: Dwi Pambudo/RM).

 Sebelumnya 
Sepanjang Januari-Mei 2022, BNI berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor yang sangat baik dengan pertumbuhan tahunan sebesar 30,62 persen.

Kemudian untuk total kredit cabang luar negeri tercatat 3,9 miliar dolar AS (Rp 59,6 triliun). Atau tumbuh sebesar 18 persen secara tahunan pada Mei 2022.

Royke mengatakan, BNI tak lama lagi bakal meluncurkan bank digital yang menyasar UMKM. Ia berharap, bank digital ini bisa beroperasi secara penuh pada kuartal I-2023. Meskipun saat ini bank sudah mulai beroperasi.

“Makanya, kami akan menjadi bank pertama UMKM digital. Kami tidak bisa buru-buru, perlu waktu. Mudah-mudahan awal tahun depan, sekarang sih sudah beroperasi. Kami pilih sistem, pilih orang dengan pemikiran yang sama,” jelas mantan bos Bank Mandiri ini.

Baca juga : Program Agregator Pertamina Bisa Bikin UMKM Naik Kelas

Selain itu, Royke berharap bank digital tersebut menjadi pemasukan baru perusahaan serta membantu pertumbuhan bisnis UMKM. Dengan begitu, dapat turut berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Ini akan menjadi mesin pertumbuhan masa depan BNI dengan menjadi bank digital UMKM pertama. Karena sekarang bank digital lebih banyak ke konsumer. Kalau kami mendeklarasikan lebih ke UMKM,” tandasnya.

Kehadiran bank digital ini diharapkan bisa membuat bisnis BNI tumbuh secara berkelanjutan ke depan. Untuk itu, dalam jangka pendek bank harus mengorbankan margin guna mempertahankan kualitas kredit.

Nantinya, bank digital ini akan menawarkan bunga lebih rendah dari bank lain. Karena biaya operasional (operating cost), biaya pengelolaan (handling cost) bank digital dinilai lebih murah dari bank konvensional.

Baca juga : Presiden Jokowi Apresiasi Sinar Mas Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

“Kami harap ini akan menjadi suatu terobosan untuk bunga lebih rendah. Jangkauan masuk ke debitur jauh lebih banyak karena operating cost-nya didesain jauh lebih rendah dari platform yang ada,” jelasnya.

Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana mengucapkan selamat kepada Royke Tumilaar, yang telah banyak membantu UMKM naik kelas hingga go international.

Dalam sambutannya, Kiki Iswara menyebut, kontribusi dan kerja keras para penerima penghargaan membuat Indonesia kembali membaik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat.

“Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Baca juga : Bos BTN Makin Semangat Atasi Backlog Perumahan

Dalam perhelatan tersebut, total ada 31 tokoh yang meraih penghargaan. Yang terdiri dari 8 menteri dan puluhan bos BUMN serta dua perusahaan swasta.

Kiki mengatakan, para tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.