Dark/Light Mode

Pasar Jaya Ramaikan Pasar Buku Kenari dengan Berbagai Event

Jumat, 26 Juli 2019 19:15 WIB
Pasar Buku Kenari di kawasan Salemba Raya, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa).
Pasar Buku Kenari di kawasan Salemba Raya, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perumda Pasar Jaya mengungkapkan jumlah pengunjung di Pasar Buku Kenari masih sepi. Namun, angka penjualan masih stabil karena adanya transaksi secara online.

“Perlu juga diketahui bahwa walau memang sepi tapi para toko yang sudah memiliki konsumen tetap melayani penjualan secara online dengan pembelinya.

Biasanya yang membeli buku secara online adalah mereka yang tidak bisa datang ke pasar tersebut karena kesibukannya, artinya untuk aktivitas terus berjalan,” kata Manager Pemasaran Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza di Jakarta, Jumat (26/7).

Baca juga : Menteri ESDM Resmikan Infrastruktur Kelistrikan di NTB dan NTT

Gatra mengatakan, pihaknya terus menggelar berbagai event untuk meningkatkan kunjungan masyarat dan memperkenalkan Pasar Buku Kenari di Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat.

Namun menurutnya memang perlu kerja keras dari seluruh tim karena tugas utama adalah merubah mindset berpikir masyarakat yang terlebih dahulu mengenal pasar buku kenari adalah pasar elektronik dan alat pertukangan.

“Kalau berbicara Pasar Buku Kenari masyarakat masih mengingatnya adalah pasar elektronik, kita terus lakukan promosi-promosi dan pengenalan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca juga : Perdana di Sumbar, Jambore Organik Kampanyekan Pangan Sehat

“Kita juga telah siapkan kalender event yang setiap bulannya telah disusun agar aktivitas di pasar tersebut tetap ramai, seperti saat memasuki awal sekolah kemaren kita lakukan promosi back to school dengan menghadirkan buku pelajaran dan perlengkapan sekolah,” katanya.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah kegiatan bedah buku. Pasar Jaya membuka peluang kerjasama dengan para penerbit buku untuk melakukan berbagai kegiatan di pasar tersebut.

Perumda Pasar Jaya juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan yang membawahi sekolah-sekolah di Jakarta. Mereka diajak untuk datang berkunjung ke Pasar Buku agar bisa melihat berbagai buku yang dijual di sana.

Baca juga : Baran Energy Luncurkan Baterai Listrik Dari Energi Terbarukan

Hal ini memang masih membutuhkan waktu tapi Pasar Jaya berkomitmen akan terus melakukan upaya agar pasar buku tersebut bisa ramai aktivitasnya.

Apalagi pasar buku ini merupakan pasar buku pertama milik pemerintah yang memang dikhususkan untuk menyediakan kebutuhan buku bagi warga dengan harga yang lebih bersaing.

“Di lokasi tersebut kan juga ada berbagai fasilitas lain seperti Co-Working Space, ruang Exhibition dan lainnya, nah ini juga kita upayakan agar bisa mengoptimalkan ramainya Pasar Buku Kenari,” tandasnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.