Dark/Light Mode

Waspadai Datangnya Badai Besar Dunia

Luhut Sarankan Tanam Cabe-Bawang Di Rumah

Kamis, 13 Oktober 2022 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi).
Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan prospek ekonomi bakal gelap tahun depan bukan sekadar isapan jempol belaka. Untuk itu, Indonesia perlu mewaspadai datangnya badai besar alias perfect storm.

Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meng­ingatkan, betapa mengerikannya kondisi ekonomi tahun depan.

Baca juga : Puan: Indonesia Akan Semakin Menguning & Memerah...

Menurutnya, perfect storm terjadi lantaran krisis ekonomi hingga ketidakpastian geopoli­tik yang terjadi dalam waktu bersamaan.

Today it’s a perfect storm!. Tolong, semua hati-hati, ketidak­pastian perekonomian dunia sangat tinggi. Karena situasi ketidakpastian ini, Indonesia harus menyiapkan skenario ter­buruk,” kata Luhut dalam acara Investor Daily Summit 2022 di Jakarta, kemarin.

Baca juga : YLBHI: Penggunaan Kekuatan Berlebihan Sebabkan Banyak Korban Di Kanjuruhan

Eks Menko Polhukam itu me­nilai, perfect storm bisa terjadi di hampir semua negara di dunia. Indonesia harus mewaspadai ke­datangan badai besar itu, karena negara mana pun akan melakukan apa saja jika sedang terdesak.

Untuk menghadapi perfect storm tersebut, Luhut mengakui Pemerintah sudah menyiapkan skenario terburuk yang mungkin saja terjadi.

Baca juga : PMI Persiapkan Tanam Jagung Di Lahan 250 Hektar

“Presiden sudah memerin­tahkan untuk melakukan stress test, menghitung skenario ter­buruk yang mungkin terjadi. Kita beruntung. Sekali lagi, ekonomi kita pada posisi sangat baik, tetapi anything could hap­pen kalau kita tidak hati-hati menghitung,” jelasnya.

Bukan itu saja, Luhut juga menyiapkan skenario untuk ke­luarganya apabila perekonomian global mengalami perfect storm. Salah satu upaya yang dilaku­kannya, yakni menanam cabe dan bawang di halaman rumah­nya, di Jalan Mega Kuningan Barat, Jakarta Selatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.