Dark/Light Mode

Waspadai Datangnya Badai Besar Dunia

Luhut Sarankan Tanam Cabe-Bawang Di Rumah

Kamis, 13 Oktober 2022 06:30 WIB
Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi).
Menteri Koordinator Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi).

 Sebelumnya 
Menanam cabe dan bawang, kata Luhut, sesuai dengan instruksi Presiden, dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

“Di rumah saya, meski di Kuningan, saya nanam cabe dan bawang. Paling tidak, untuk ke­butuhan kami. Itu sudah berjalan berapa lama,” ungkapnya.

Baca juga : Puan: Indonesia Akan Semakin Menguning & Memerah...

Luhut bilang, jika masyarakat mau menanam sendiri sejumlah komoditas pangan untuk kebu­tuhan sehari-hari, maka tidak akan kekurangan memenuhi kebutuhan dasar.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, perfect storm akan terjadi dan berimbas ke Indonesia.

Baca juga : YLBHI: Penggunaan Kekuatan Berlebihan Sebabkan Banyak Korban Di Kanjuruhan

“Memang akan terjadi risiko perfect storm di mana faktor ekonomi, keamanan, stabilitas politik, sampai ke lingkungan hidup, akan menjadi satu krisis yang semakin nyata,” ujarnya.

Tanda-tanda perfect storm di Indonesia, kata Bhima, bisa dilihat dari penurunan cadangan devisa, fluktuasi nilai tukar rupiah, penu­runan keyakinan konsumen untuk berbelanja, dan peningkatan beban biaya bahan baku dan ongkos logistik bagi pelaku usaha.

Baca juga : PMI Persiapkan Tanam Jagung Di Lahan 250 Hektar

Dari sektor keamanan, Bhima meminta Indonesia waspada terhadap situasi global. Titik yang paling dekat dengan Indonesia, yakni konflik di Laut China Sela­tan yang melibatkan negara ASE­AN, Barat serta China. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.