Dark/Light Mode

Krakatau Steel Lunasi Utang Ke Commerzbank AG Sebesar 216 Juta Dolar AS

Kamis, 13 Oktober 2022 21:24 WIB
Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim (kanan) saat diwawancarai Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim (kanan) saat diwawancarai Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melunasi utang ke Commerzbank setelah melakukan pembayaran pada 12 Oktober 2022 senilai total 216.021.881 dolar AS atau setara dengan Rp 3,3 triliun. Commerzbank AG adalah bank terbesar kedua di Jerman yang merupakan kreditur Krakatau Steel dalam membangun pabrik Hot Strip Mill ke 2 (HSM2).

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan, pelunasan seluruh pinjaman terutang ke Commerzbank AG ini merupakan bagian dari strategi perusahaan ke depan dalam memperkuat bisnis intinya.

Baca juga : Pengacara: Dinas Kehutanan Sebut Izin Duta Palma Sah

“Krakatau Steel sudah membayar total 487,7 juta dolar AS atau sebesar Rp 7,4 triliun dalam 2,5 tahun terakhir ini sejak dimulainya proses restrukturisasi,” terang Silmy, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (13/10).

Rincian pembayaran utang Krakatau Steel yang sudah dibayar pada periode 2020-2022 terdiri dari utang Tranche A sebesar 27,7 juta dolar AS, Tranche B sebesar 200 juta dolar AS, dan pinjaman kepada Commerzbank AG sebesar 260 juta dolar AS.

Baca juga : Jokowi: Jadilah Produsen Terbesar Di Asia Tenggara

Silmy menegaskan, bahwa mulai dari tahun 2020, tren peningkatan kinerja Krakatau Steel semakin membaik dari waktu ke waktu. Krakatau Steel akan terus mempertahankan konsistensi ini dengan menjadi lebih kompetitif, meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan potensi dan kapabilitas yang dimiliki.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.