Dark/Light Mode

Gelar RUPSLB, Krakatau Steel Tingkatkan Penyertaan Modal PT Krakatau Posco

Kamis, 19 Mei 2022 21:18 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Kamis (19/5).

Dalam RUPSLB membahas persetujuan peningkatan kepemilikan saham Krakatau Steel di PT Krakatau Posco (PTKP). PTKP adalah perusahaan joint venture antara Krakatau Steel dan Posco yang didirikan pada 2010, dengan kapasitas produksi baja 3 juta ton per tahun dan beroperasi pada tahun 2014.

Sedangkan Posco adalah, produsen baja terbesar keempat di dunia dari Korea berkapasitas produksi sebesar 42 juta ton per tahun.

Baca juga : IPDN Dan ILO Teken Kerja Sama

Selain dalam kerangka mewujudkan visi pengembangan kapasitas baja 10 juta ton yang telah dicanangkan sejak tahun 2016.

Transaksi ini juga merupakan bagian dari program restrukturisasi Krakatau Steel, yang telah memperoleh dukungan dan persetujuan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan, hasil dari RUPSLB adalah persetujuan peningkatan kepemilikan saham Krakatau Steel di PT Krakatau Posco menjadi sebesar 50 persen, sebagai bagian dari rencana Krakatau Steel ke depan.

Baca juga : Polda Kalteng Tingkatkan Kemampuan Personel Di Bidang Pertambangan & Hutan

"Terutama untuk memperbesar kapasitas produksi baja di Indonesia," ujar Silmy dalam keterangan resminya, Kamis (19/5).

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peningkatan saham Krakatau Steel di PTKP, merupakan suatu langkah strategis yang sangat baik. Karena hal ini dapat memperkuat posisi industri baja nasional, dalam menghadapi persaingan global sekaligus mendukung ekosistem industri baja dan otomotif di Indonesia.

"Krakatau Steel dan Posco akan saling menguatkan satu sama lain. Sehingga dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan industri baja domestik di Indonesia dan juga dapat mengurangi importasi baja ke Indonesia. Ini adalah perpaduan kontribusi terbaik dari BUMN untuk Indonesia," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.