Dark/Light Mode

Investasi Rp 14 T, Hyundai Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Karawang

Jumat, 26 Juli 2019 22:21 WIB
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Ist)
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Hyundai Motor Company akan membangun pabrik mobil listrik di Karawang, Jawa Barat. Investasi yang disiapkan mencapai 1 miliar dolar AS atau setara Rp14 triliun.

"Hyundai mau investasi satu miliar dolar AS, kira-kira, dan sudah dapat tanahnya di Karawang. Nanti November mereka akan tanda tangan di Seoul, Korea Selatan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Jumat (26/5).

Baca juga : Ratusan Personel TNI Bantu Pemulihan Pesisir Karawang

Menurut Luhut, nantinya penandatangan kesepakatan investasi akan disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Produsen mobil terbesar di Negeri Ginseng itu akan membangun pabrik mobil listrik yang semua proses perakitannya akan dilakukan di Tanah Air.

Investasi satu miliar dolar AS akan digelontorkan secara bertahap untuk pembangunan pabrik di Karawang. Namun, ia belum bisa memastikan kapan peletakan batu pertama proyek tersebut bisa dilakukan. Yang pasti, saat ini pemerintah tengah mendorong agar ada percepatan penyelesaian perizinan investasinya.

Baca juga : Bahas Investasi Mobil Listrik, Bos Hyundai Temui Jokowi

"Nanti dia (Hyundai) mau bikin dua pabrik, satu di situ (Karawang) dan kita tawarkan satu lagi di Jawa Tengah," katanya.

Meski belum mengetahui lokasi di Jawa Tengah, Luhut mengatakan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menawarkan opsi lokasi yang bisa digunakan untuk investasi tersebut.  Lebih lanjut, Luhut mengatakan, pemerintah akan mengkaji lokasi pabrik baterai mobil listrik akan tetap di Morowali, Sulawesi Tengah, atau ikut diboyong ke Karawang agar lebih dekat pada fasilitas produksi mobil listrik.

Baca juga : PHE ONWJ Bangun Fasilitas Penampungan Air Bersih Di Karawang

Namun, yang pasti, pasokan bahan baku baterai mobil listrik telah tersedia di Tanah Air sehingga tidak perlu ada kekhawatiran kekurangan. Khusus produksi baterai lithium untuk mobil listrik, Luhut mengaku akan mendorong perusahaan asal Korea Selatan LG untuk bisa masuk dan bekerja sama dengan Contemporary Amperex Technology Ltd (CATL). Perusahaan asal China itu merupakan salah satu produsen baterai mobil listrik terbesar dunia.

“Baterai lithiumnya kita buat antara CATL dan kita berharap juga LG (ikut berinvestasi),” tukasnya. [DIT]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.