Dark/Light Mode

Dorong Ekonomi Kerakyatan

Bank Mandiri Kucurkan Kredit UMKM Rp 87,05 Triliun

Jumat, 26 Juli 2019 22:22 WIB
Ilustrasi. (Foto Istimewa)
Ilustrasi. (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekonomi kerakyatan terus didorong untuk terus tumbuh. Bank Mandiri menjadi salah satu perbankan yang ikut mendorong perkembangan ekonomi berbasis kerakyatan melalui pembiayaan segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, mengungkapkan, sejauh ini perseroan sudah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 87,05 triliun.

Penyaluran kredit itu merupakan capaian sampai dengan akhir Juni 2019. Naik 11,96 persen dibandingkan Rp 77,75 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Baca juga : Hore, Seluruh Layanan Bank Mandiri Sudah Normal Lagi

Hery mengatakan, nilai kredit tersebut disalurkan ke 894 ribu debitur UMKM, dimana komposisi terbesar adalah pengusaha di sektor perdagangan besar dan eceran.

"Dalam menyalurkan kredit UMKM, kami berusaha memastikan bahwa pengunaannya difokuskan untuk pembiayaan usaha-usaha produktif, sehingga bisa memberikan nilai tambah kepada ekonomi masyarakat," kata Hery saat mengunjungi nasabah UMKM di pasar Tanah Abang, Kamis (25/7).

Disamping pembiayaan, Hery melanjutkan, pihaknya juga memberikan dukungan kepada nasabah UMKM dalam fasilitas transaksional untuk membantu meningkat efisiensi dan optimalisasi keuangan.

Baca juga : Mantap, Transaksi Agen BRILink Tembus Rp 331 Triliun 

"Untuk nasabah retail, keberadaan EDC dapat memudahkan pedagang karena tidak perlu menyiapkan uang kecil. Sedangkan untuk nasabah grosir, kami juga menyiapkan Mandiri Internet Bisnis agar rekonsiliasi transaksi bisa dilakukan secara realtime," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah menerapkan strategi mitigasi yang disesuaikan dengan karakter masing-masing usaha debitur untuk menjaga kualitas pembiayaan yang disalurkan.

Hingga Juni 2019, rasio NPL kredit UMKM tercatat sebesar 2,10 persen membaik 172 bps dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 3,82 persen.

Baca juga : Mendes Janji Tingkatkan Dana Desa Jadi Rp 400 Triliun

Bank Mandiri sendiri memiliki layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Business, Consumer Banking serta Treasury. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.