Dark/Light Mode

Penuhi Kebutuhan Lebaran, Mandiri Siapkan Duit Cash Rp 54,9 T

Minggu, 12 Mei 2019 07:59 WIB
ATM Bank Mandiri. (Foto: Ist)
ATM Bank Mandiri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp 54,9 triliun atau sekitar Rp 1,9 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada Ramadan dan Lebaran.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, antisipasi kebutuhan uang tunai tersebut diberlakukan selama 28 hari kerja atau mulai 13 Mei – 9 Juni 2019. Alokasi dana tunai harian tersebut meningkat sekitar 19 persen dari rata-rata kebutuhan harian pada kondisi normal.

“Alokasi dana tunai yang disiapkan tersebut telah memperhitungkan kebutuhan dana masyarakat, terutama nasabah korporasi mengingat masa pembayaran gaji bulan Mei diperkirakan akan berbarengan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar akhir Mei," ujarnya, di Jakarta, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, dari besaran tersebut, pihaknya mengalokasikan sekitar 82 persen untuk memenuhi ketersediaan dana di mesin-mesin ATM Mandiri. Sedangkan 18 persen ditempatkan di kantor cabang.

Baca juga : BI Siapkan 2.900 Titik Tempat Penukaran Duit

“Ini untuk mengantisipasi peningkatan transaksi tunai di ATM menjelang libur Lebaran, kami akan melakukan pengisian limit maksimal di setiap ATM Mandiri sejak pekan kedua Mei hingga pekan pertama Juni 2019,” katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan jaringan IT secara optimal untuk memastikan seluruh operasional channel pembayaran elektronik lainnya, seperti jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000 tetap terjaga dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga selama liburan.

Saat ini, nasabah dapat melakukan transaksi melalui 18.291 mandiri ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus. Ia memastikan, seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman.

Selama masa libur Lebaran pada 3-7 Juni 2019, Bank Mandiri akan tetap mengoperasikan 385 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan terbatas kepada masyarakat. “Termasuk untuk pembayaran Delivery Order pembelian BBM oleh SPBU-SPBU dan pembayaran pajak," katanya.

Baca juga : Antisipasi Libur Lebaran 2019, BRI Siapkan Rp 48,2 T

Sedangkan untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, pihaknya menyiapkan dua unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang bagi masyarakat. "Masing-masing ada di kawasan Monas pada 13-17 Mei 2019 dan Museum Bank Indonesia Kota pada 20-24 Mei 2019," katanya.

Perkuat Layanan E-Money

Guna mendukung mobilitas masyarakat saat tradisi mudik libur Lebaran, perseroan telah meningkatkan ketersediaan uang elektronik Mandiri e-money untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran tol. Hery menjelaskan, kerja sama dengan merchant-merchant mitra telah ditingkatkan seperti Indomaret, Alfamart, PVJ Mall, Jogjamart, Gramedia, Gunung Agung, Mitra 10, Merchant Online, dan lain-lain.

"Hingga April 2019, kami telah menerbitkan kartu Mandiri E-money mencapai hampir 18 juta kartu dengan nilai transaksi selama Januari-April 2019 sebesar Rp 4,8 triliun, di mana 89 persennya transaksi dilakukan pada gerbang tol," bebernya.

Baca juga : Libur Lebaran 2019, Lion Air Group Siapkan 20.150 Kursi Penerbangan Tambahan

Adapun, ruas jalan tol yang dapat diakses kartu Mandiri E-money mencapai sebanyak 49 ruas, sepanjang lebih dari 1.100 kilometer (km) antara lain ruas tol sepanjang Pelabuhan Merak sampai ke Surabaya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.