Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Transformasi Terus Digenjot

Erick: BUMN Harus Jadi Pemain Global

Senin, 17 Oktober 2022 13:56 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Wamen BUMN Pahala N Mansyuri (kiri), Wamen BUMN Kartiko Wirjoatmodjo (kedua kanan), dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) dalam acara pembukaan SOE International Conference di Nusa Dua, Bali, Senin (17/10). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Wamen BUMN Pahala N Mansyuri (kiri), Wamen BUMN Kartiko Wirjoatmodjo (kedua kanan), dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) dalam acara pembukaan SOE International Conference di Nusa Dua, Bali, Senin (17/10). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, State Owned Enterprises (SOE) International Conference adalah salah satu sarana pemerintah, untuk mengabarkan kepada komunitas internasional tentang dampak transformasi BUMN bagi masyarakat Indonesia.

Ajang yang digelar di Nusa Dua, Bali, pada 17-18 Oktober ini dibuka oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan. Serta dihadiri oleh mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama mantan PM Inggris Tony Blair di sela acara SOE International Conference, Nusa Dua, Bali, Senin (17/10). (Foto: Humas BUMN)

 

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin juga meluncurkan program Indonesia Water Fund (IWF) secara daring, sebagai upaya memperbaiki akses air bersih bagi seluruh rakyat Indonesia.

Wapres mengatakan, IWF sebagai platform untuk mendukung percepatan investasi penyediaan sambungan air bersih ke rumah-rumah, diharapkan dapat menjadi alternatif solusi bagi pemerintah melalui pendanaan non-APBN.

Erick menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, serta Kementerian Perdagangan yang telah mendukung perhelatan akbar ini, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Road to G20 dalam Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG).

Baca juga : Usai Libur, Milla Genjot Fisik Pemain Persib

"Kegiatan ini juga dapat menjadi momentum yang tepat, untuk menginformasikan kepada komunitas internasional. Mengenai berbagai upaya Kementerian BUMN menjadi lebih transparan, sebagai bagian dari komitmen keterbukaan informasi publik," ujar Erick saat menyampaikan laporan pada Opening Ceremony SOE International Conference, Senin (17/10).

Sejak 2019, Kementerian BUMN terus melakukan transformasi BUMN secara menyeluruh. Transformasi yang baru mencapai 80 persen itu, ditargetkan rampung pada 1,5 tahun ke depan.

"Saya sangat bersyukur, kerja keras kami selama 3 tahun ini berbuah manis. Kinerja BUMN 2021 menunjukkan peningkatan yang signifikan," tutur Erick.

Peningkatan revenue BUMN dilaporkan tumbuh 18,8 persen pada 2020-2021, menjadi Rp 2.295 triliun. Sementara laba konsolidasi, naik 838,2 persen dari Rp 13 triliun pada 2020 menjadi Rp 124,7 triliun pada 2021.

Secara konsolidasi, total aset BUMN tercatat sebesar 630 miliar dolar AS atau sekitar Rp 8.978 triliun. Setara 53 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Tak cuma itu, kepemimpinan muda dan perempuan sudah menunjukkan progress yang positif. Tahun lalu, kepemimpinan perempuan di jajaran direksi telah mencapai 15 persen dari target 25 persen. Sementara kepemimpinan muda, telah mencapai 5 dari target 10 persen pada 2023.

Baca juga : Jual Griezmann Ke Atletico, Barca Kapok Beli Pemain Mahal

"Transformasi ini akan terus kami terus lakukan, agar BUMN dapat semakin memberikan kontribusi yang maksimal untuk Indonesia, dan mampu menjadi pemain global," ungkap Erick.

Menurutnya, hasil transformasi ini menunjukkan bahwa segala upaya yang telah dilakukan selama ini, sudah berada di jalur yang benar, dan harus dilanjutkan. Agar BUMN dapat menjalankan perannya sebagai value creator dan agent of development secara lebih optimal. Serta memberikan manfaat nyata bagi negara dan masyarakat.

"Untuk pertama kalinya juga, pada periode kepemimpinan saat ini, Kementerian BUMN menerbitkan Laporan Keuangan Agregrasian sebagai langkah awal menuju penerapan good corporate governance yang lebih baik," ujar Erick.

Sebagai agent of development, Erick mengatakan, BUMN telah mendorong berbagai program yang langsung menyentuh masyarakat. Misalnya, penyaluran pembiayaan ultra mikro dan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Selanjutnya, Erick juga menginisiasi program Indonesia Water Fund (IWF), dalam rangka percepatan pemerataan akses layanan air bersih bagi masyarakat.

Erick menjelaskan, program IWF merupakan platform untuk mendukung percepatan investasi penyediaan sambungan air bersih ke rumah-rumah. Mengingat air bersih masih menjadi tantangan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baca juga : Erick: Maulid Nabi, Harus Jadi Momen Akselerasi Ekonomi Syariah

"Hanya 23 persen masyarakat Indonesia yang mendapatkan akses ke perpipaan air bersih. Sebagian masyarakat Indonesia lainnya, masih menghadapi tantangan ketimpangan harga air bersih dengan rentang harga Rp 65 ribu hingga Rp 140 ribu per meter kubik," paparnya.

Erick berharap, melalui sinergi antara BUMN dan strategic partner swasta serta global, IWF dapat menjadi alternatif solusi bagi pemerintah, dalam mempercepat perluasan akses air bersih kepada masyarakat, melalui pendanaan non-APBN.

Dia juga berkomitmen untuk terus menjalankan berbagai program, yang memiliki dampak langsung terhadap peningkatan taraf kualitas hidup masyarakat.

Erick menekankan, peran BUMN sebagai agent of development di masyarakat, akan berjalan seiring transformasi BUMN.

"Jika kedua prioritas ini berjalan bersama, BUMN dapat semakin meningkatkan perannya sebagai lokomotif pembangunan bangsa Indonesia. Tentu. kami tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu, dalam acara ini, kami membuka pintu seluas-luasnya untuk berkolaborasi dengan pemerintah, private sector, serta mitra strategis global untuk bersama membangun ekosistem di Indonesia," terang mantan Presiden Inter Milan itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.