Dark/Light Mode

Produk Kaca Tiup Binaan PNM Tembus Pasar Eropa

Sabtu, 15 Oktober 2022 14:31 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Dari Literasi keuangan, nasabah PNM mendapatkan pengetahuan terkait bagaimana mengakses permodalan dan pembukuan yang baik.

Kemudian, melalui Literasi Pengembangan usaha, nasabah diajarkan untuk menata warung hingga pelatihan usaha. Setelah itu, diberikan literasi sosial menggunakan e-commerce, supaya produk usaha tidak lokal saja, tapi bisa keluar Bali.

Baca juga : Parpol Di Senayan Terbelah

“Pelatihan/literasi kita lakukan rutin. Di mekaar, petugas akan memberikan tips dan trik setiap ketemu nasabah tiap Minggu. Termasuk dukungan PNM membuat surat izin usaha atau NIB. Nah, ini yang terus kita lakukan. Per 30 september ada sekitar 100.000 NIB,” tambahnya.

Setelah literasi, PNM melakukan pendampingan usaha. Tak hanya itu, PNM juga membantu untuk membangun branding produk nasabah. Salah satunya seperti usaha kopi. Yang tadinya kemasan biasa, kini memiliki kemasan bagus dan menarik.

Baca juga : Pamela Safitri, Mantan Pacar Psikopat

Sebagai tambahan, PNM hingga 11 Oktober 2022 telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 145,43 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,87 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.504 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.