Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandawa Nusantara Harap Penyaluran BLT BBM Tepat Sasaran

Sabtu, 24 September 2022 13:23 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretariat Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pandawa Nusantara, Faisal Anwar berharap, bantuan langsung tunai (BLT) subsidi BBM mampu menjaga daya beli masyarakat yang terdampak.

Hal itu disampaikan Faisal saat membuka sesi Focus Group Discussion yang diselanggarakan oleh Pandawa Nusantara bertema ‘Penyesuaian Harga BBM: Penyehatan APBN dan Jaring Pengaman Sosial Imbas Kenaikan BBM’ melalui zoom, dikutip Sabtu (24/9).

“Program bantuan sosial senilai Rp 24,17 triliun yang diperuntukkan untuk masyarakat penerima manfaat selama 4 bulan diharapkan dapat didistribusikan dengan baik dan tepat sasaran,” ujarnya.

Baca juga : Sudah Tidak Aneh Lagi Penyaluran BLT Salah Sasaran

Dalam diskusi ini turut hadir sebagai narasumber yakni anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Yapit Sapta Putra, Staf Khusus Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ahmad Iman Sukri dan Ketua DPP Pandawa Nusantara Bidang Energi Mamit Setiawan.

Terkait penggunaan BBM sendiri, Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra, meminta pengguna kendaraan bermotor mengubah gaya berkendara di jalan menjadi lebih santun. Upaya itu diharapkan dapat mengurangi konsumsi BBM, khususnya yang bersubsidi.

"Kalau sudah punya beli moda transportasi harus berperilaku Eco Driving. Bagaimana menjalankan kendaraan bermotor, karena kecenderungan ugal-ugalan main gas. BBM boros," ungkapnya.

Baca juga : Pos Indonesia Kebut Penyaluran BLT BBM Di Daerah 3T

Selain itu, Yapit meminta, masyarakat Indonesia untuk menggunakan kendaraan bermotor sesuai kebutuhan. Jika memang tidak diperlukan, maka dapat menggunakan kendaraan umum atau transportasi berbasis online.

Berdasarkan data, Yapit menjelaskan, mobil membutuhkan konsumsi BBM jenis Pertalite hanya maksimal 3 liter di wilayah Jabodetabek dan sepeda motor di bawah 1 liter per hari. Namun, kata dia, ada kecenderungan masyarakat Indonesia panik.

Yapit menilai, kecenderungan masyarakat Indonesia mengalami panic buying setelah mendengar informasi adanya kenaikan harga BBM.

Baca juga : Ganjar Sabarnya Besar

Padahal, kata dia, hal itu dapat diatasi dengan bersikap dewasa dan bijak. "Sesuaikan kebutuhan saja. Berkendara bijak, melakukan konsumsi BBM bijak," imvaunya. 

Diketahui, setidaknya sebanyak 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat akan mendapat BLT sebesar Rp 600.000. Syarat penerima BLT BBM 2022 yakni merupakan masyarakat miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Masyarakat bisa mengecek apakah dirinya didaftar sebagai penerima BLT BBM atau tidak dengan melakukan pengecekan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Saat melakukan pengecekan, masyarakat perlu memasukkan identitas pribadi dan alamat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.