Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko Airlangga: Anak Muda Motor Penggerak Atasi Kesenjangan

Kamis, 20 Oktober 2022 10:36 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Talkshow bertajuk Airlangga Youth Investment Festival (AYI FEST) 2022 dengan tema Investasi Menuju Indonesia Emas 2045 yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM UNAIR) Surabaya. (Foto: Ist)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Talkshow bertajuk Airlangga Youth Investment Festival (AYI FEST) 2022 dengan tema Investasi Menuju Indonesia Emas 2045 yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM UNAIR) Surabaya. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendorong Generasi Milenial dan Z sebagai motor penggerak penguatan ekonomi dan pemerataan, antara lain melalui inklusi keuangan.

Secara khusus, tujuan keuangan inklusif dalam masyarakat adalah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Talkshow bertajuk “Airlangga Youth Investment Festival (AYI FEST) 2022” dengan tema "Investasi Menuju Indonesia Emas 2045" yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM UNAIR) Surabaya secara hybrid, Sabtu (15/10).

Baca juga : Duet Ganjar-Airlangga Penuhi Aspirasi KIB

"Inklusifitas keuangan memegang peran penting. Karena dengan semakin inklusi dapat berdampak pada efisiensi perekonomian, mendukung stabilitas keuangan dan mengurangi kesenjangan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat," terang Airlangga, dikutip Kamis (20/10).

Terlebih lagi, generasi muda dengan usia 18 sampai 35 tahun mempunyai literasi digital lebih baik dibanding usia lainnya.

"Ini merupakan potensi dan peluang, terlebih mereka mempunyai daya adaptasi tinggi dan kreatif," tambah Airlangga, yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini.

Baca juga : Ketua MPR Ajak 'Anak Kolong' Jaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Airlangga juga menyampaikan bahwa tantangan ke depan tidak mudah. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi, seperti pemerintah dengan lembaga pendidikan atau universitas untuk mengakselerasi program-program pemulihan ekonomi nasional.

"Saya berharap acara ini memberikan dampak positif dan membantu pemerintah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat," tandas Airlangga.

Gelaran AYI FEST 2022 ini merupakan seminar edukasi investasi bagi generasi muda yang juga diisi dengan festival musik dengan diikuti ribuan peserta.

Baca juga : Ketemu Chair L20, Menko Airlangga Bahas Pemulihan Tenaga Kerja Global

Rangkaian acaranya mulai dari Sekolah Pasar Modal, Edukasi Investasi Ilegal, seminar Crowdfunding Investment dan Investment Syariah, Financial Planning dan Talkshow Investasi Menuju Indonesia Emas 2045.

Salah satu mahasiswa yang turut hadir dalam acara tersebut, Soekarno Dewa mengatakan, saat ini adalah zamannya kolaborasi dan gotong royong, pemuda dan mahasiswa juga harus ikut berperan.

"Saya setuju dengan paparan Pak Airlangga. Anak muda harus berperan, bukan baperan. Harus turut andil dalam menggerakkan ekonomi, misalnya melalui gerakan kewirausahaan sosial atau melalui ekonomi kreatif UMKM. Anak muda juga dapat berkolaborasi dengan berbagai program pemerintah, mulai dari gagasan sampai program bersama secara konkret. Agenda negara harus kita sukseskan. Tujuannya kan untuk kepentingan bersama," ungkap Dewa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.