Dark/Light Mode

Dahana Cs Berhasil Uji Statis Roket RHAN 450

Rabu, 26 Oktober 2022 08:08 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dahana, anggota Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Pertahanan atau Defend ID, bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemenhan) kembali menggelar uji statis Roket Rhan 450.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Uji Teknologi & Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAAG) Pemeungpeuk, Garut, Kamis (20/10).

Direktur Teknologi dan Pe ngembangan Dahana, Suhendra Yusuf RPN mengatakan, pihaknya kembali ditugaskan untuk melanjutkan pengem bangan Roket Rhan 450 jarak 100 kilometer (km).

Selain BRIN dan Balit bang Kemenhan, pihaknya turut menggandeng Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN.

Baca juga : Benahi Rantai Pasok Berbasis Teknologi, Pemerintah Redam Inflasi

Menurut Suhendra, proyek Rhan 450 memiliki nilai strategis untuk mewujudkan ke mampuan industri dalam memenuhi kebutuhan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) nasional.

Suhendra bilang, kegiatan uji statis ini, sangat penting dilakukan untuk melihat konsistensi hasil penelitian dan pengem bangan Roket Pertahanan.

“Hal tersebut merupakan komitmen bersama Dahana, Balitbang Kemhan dan BRIN,” ujar Suhendra melalui siaran pers, Senin (24/10).

Suhendra menjelaskan, uji statis juga dapat menjadi wadah pembentukan kualitas dan kuantitas personel. Dengan meningkatkan kemampuan teknologi roket, materil, serta sumber daya lainnya.

Baca juga : Jokowi Bakal Utak-Atik APBN

Selain itu, uji statis ini akan memberikan data performa dan karakteristik Rhan 450, yang akan digunakan sebagai pijakan bagi pengembangan ke tahap berikutnya.

Dari proses uji statis ter akhir, kata dia, data menunjukkan adanya peningkatan performa dan karakteristik dari uji statis yang dilaksanakan pada tahun lalu.

Ia berharap, Indonesia dapat segera merealisasikan kebutuhan roket Rhan 450 demi terwujudnya kemandirian Alutsista Nasional. Secara hasil, sambungnya, sudah sesuai dengan harapan.

Uji statis kali ini telah mengalami perkembangan yang signifikan dan perbaikan dari tahun lalu.

Baca juga : Dipastikan Luhut, Bali Siap Gelar KTT G20

“Mudah-mudahan kita dapat merealisasikan keinginan bersama untuk memiliki roket ground to ground minimal 100 km dengan capaian yang baik,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihak pihak yang terlibat dalam proyek ini berharap agar Pemerintah memberikan komitmen anggaran selanjutnya untuk litbang roket. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.