Dark/Light Mode

Top! 12 Bandara AP I Raih Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi dari Kemenhub

Rabu, 26 Oktober 2022 21:41 WIB
(kiri ke kanan): Vice President Corporate Secretary Rahadian D. Yogisworo; General Manager Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan; PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama; General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto; Vice President Airport Operation and Services Indah Preastutty; Direktur Operasi Wendo Asrul Rose; Direktur Utama Faik Fahmi; General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma; Direktur Teknik Lukman F. Laisa; General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan; General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T. Gandeguai; dan PTS. Services Implementation, Monitoring, and Assurance Senior Manager Anggresia Febrina. (Dok. Angkasa Pura I)
(kiri ke kanan): Vice President Corporate Secretary Rahadian D. Yogisworo; General Manager Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan; PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama; General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto; Vice President Airport Operation and Services Indah Preastutty; Direktur Operasi Wendo Asrul Rose; Direktur Utama Faik Fahmi; General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma; Direktur Teknik Lukman F. Laisa; General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan; General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T. Gandeguai; dan PTS. Services Implementation, Monitoring, and Assurance Senior Manager Anggresia Febrina. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura/AP I berhasil meraih penghargaan dalam ajang Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2021-2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Dalam acara penghargaan yang digelar pada Rabu (26/10) tersebut, sebanyak 12 bandara yang dikelola Angkasa Pura I berhasil meraih penghargaan tersebut.

Adapun bandara kelolaan Angkasa Pura I yang berhasil meraih penghargaan tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama; Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta pada kategori Prima Madya; serta Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Baca juga : Dharma Lautan Utama Sabet Penghargaan Layanan Publik Kemenhub

Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sentani Jayapura, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak pada kategori Prima Pratama.

"Penghargaan yang diterima oleh 12 bandara yang kami kelola ini merupakan wujud apresiasi serta pengakuan atas komitmen dan kinerja Angkasa Pura I dalam memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Dikatakan, selama dua tahun ke belakang, Angkasa Pura I sebagai perusahaan pengelola bandara di Indonesia dihadapkan pada tantangan yang cukup sulit, yaitu pandemi global Covid-19.

Di satu sisi kata dia, Angkasa Pura I dituntut untuk dapat menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa. Sedangkan di sisi lain, ada aturan terkait protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Baca juga : Lewat Trans Jateng, Ganjar Ciptakan Layanan Transportasi Murah, Aman, dan Nyaman

"Integrasi layanan dengan protokol kesehatan ini menjadi hal yang sangat menantang bagi kami. Namun demikian, kami berhasil dalam menjawab tantangan ini," kata Faik Fahmi.

Penghargaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018, serta terdiri dari 6 aspek penilaian.

Yaitu, aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Adapun sebanyak 136 unit pelayanan publik telah mengikuti proses penilaian penghargaan ini.

Baca juga : Jelang Hari Santri, SAS Institute Dorong Pesantren Terlibat Transformasi Energi Nasional

"Tujuan dari semua tugas kita adalah bagaimana para pengguna itu puas. Itulah yang menjadi aim dari pekerjaan kita. Bahwa bangunan yang bersih dan bagus, pelayanan yang bagus, menjadi satu tuntutan bagi kita untuk melakukan improvement dari waktu-ke waktu," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Saya atas nama Kementerian Perhubungan mengucapkan selamat kepada Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang sudah berhasil. Tentu saya bangga mendengar nama-namanya. Saya memang melihat ada effort tertentu untuk melakukannya," lanjut Menhub Budi Karya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.