Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tekan Kecelakaan Dan Tingkatkan Pelayanan

DPRD Setuju Tambah Anggaran Perbaikan Jalur Transjakarta

Minggu, 16 Oktober 2022 07:30 WIB
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah. (Foto: Antara).
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menambahkan anggaran Rp 16,9 miliar dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) Perubahan APBD 2022. Dana ini untuk perbaikan dan peningkatan jalan khusus bus Transjakarta atau busway.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah menjelaskan, persetujuan diberikan sebagai upaya menekan angka kecelakaan dan peningkatan pelayanan.

“Kalau banyak jalur busway berlubang dan terjadi kecelakaan, nanti kami yang disalahkan. Banyak juga masyarakat yang menggunakan busway dan harus kita perhatikan keselamatannya,” kata Ida di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (13/10).

Baca juga : DPR Setuju Maksimal 7 Persen

Komisi D menilai, peningkatan jalur busway termasuk dalam kategori kegiatan prioritas darurat mendesak dan harus segera dilaksanakan.

Apalagi di akhir tahun, Ibu Kota diprediksi mengalami hujan ekstrem yang berpotensi banjir. Sehingga menyebabkan beberapa titik jalur mengalami kerusakan.

“Banyak jalur busway harus ada penambalan atau perbaikan pengaspalan. Kalau musim hujan jalanan gampang sekali rusak, karena tidak bisa kita prediksi. Faktornya bisa karena hujan, banjir dan kendaraan berat,” terang Ida.

Baca juga : Tekan Angka Kecelakaan, Jasa Raharja Getol Kampanyekan Keselamatan Lalu Lintas

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan, sebelumnya di APBD 2022 sudah dianggarkan Rp 40,6 miliar, dan masih membutuhkan Rp 16,9 miliar lagi untuk perbaikan jalur busway yang bakal dilaksanakan akhir tahun ini.

Hari bilang, perbaikan sangat diperlukan karena dikhawatirkan jalur yang rusak mengakibatkan adanya keterlambatan waktu tempuh.

“Ini yang membuat SPM (Standar Pelayanan Minimum) menjadi tidak maksimal. Makanya kemarin Transjakarta membuat surat, tolong diperbaiki jalur-jalur busway yang rusak,” ungkapnya.

Baca juga : Tekan Kecelakaan Di Tol, Ini Jurus Astra Tol Tangerang-Merak

Namun, Hari belum dapat memastikan total panjang jalur busway yang akan diperbaiki. Mengingat saat ini masih dalam tahap pendataan di 13 koridor Transjakarta di seluruh wilayah Jakarta.

“Kalau kita bicara titik terparah ada di daerah Selatan, Utara dan Barat. Jalur busway yang kita perbaiki spot-spot sekitar 100 dan 200 meter dari yang rusak. Nanti sistemnya, jalan yang rusak kita kupas, kita layer di jam 12 malam. Sehingga jam 6 sudah bisa dilalui lagi,” jelas Hari.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.