Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lewat Trans Jateng, Ganjar Ciptakan Layanan Transportasi Murah, Aman, dan Nyaman

Senin, 24 Oktober 2022 17:26 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menciptakan inovasi layanan transportasi murah, aman, dan nyaman lewat kehadiran Bus Rapit Transit (BRT) Trans Jateng. Hal itu dikatakan Sekretaris Dishub Jateng, Syurya Deta Syafrie.

Deta mengatakan, Ganjar berhasil membangun BRT Trans Jateng dengan standar pelayanan yang memenuhi keamanan, keselamatan, kenyamanan, kesetaraan, dan keterjangkauan. Bus yang pertama kali beroperasi pada 2017 ini mampu menghubungkan wilayah aglomerasi perkotaan.

''Pendekatan bidang transportasi Jateng lebih bersifat regionalisasi, khususnya angkutan aglomerasi. Introduksi BRT Jateng adalah mendorong konektivitas wilayah (urban-rural lingkages)," kata Deta dalam keterangannya, Senin (24/10). 

Baca juga : Sahabat Sandi Pekanbaru Ciptakan Lapangan Kerja Baru Melalui Digital Marketing

Terlebih lagi, kata Deta, Ganjar menggagas inovasi aplikasi layanan penumpang Trans Jateng bernama ‘Si Anteng’. Melalui aplikasi ini, calon penumpang dapat mengetahui lokasi halte terdekat dan waktu Bus Trans Jateng yang akan ditumpangi tiba di halte.

"Inovasi 'Si Anteng' pernah mendapatkan penghargaan dalam Inovasi Daerah dalam Tatanan Normal Baru yang digelar Kemendagri Tahun 2020," katanya.

Deta mengatakan, melimpahnya layanan transportasi publik yang diusung Ganjar ini akhirnya membuat masyarakat beralih ke angkutan umum. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 2021 lalu.

Baca juga : Sahabat Ganjar Siapkan Generasi Muda Berdaya Saing Teknologi

"Hasil survei 2021 terhadap 1.412 responden terkait tingkat kebermanfaatan BRT menunjukkan sekitar 46,39 persen atau 665 orang yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum. Selain itu sebanyak 50,71 persen atau 716 penumpang yang berpindah dari angkutan umum ke Trans Jateng," tuturnya.

Di samping itu, kata Deta, secara tidak langsung kehadiran BRT Trans Jateng berbiaya murah ini juga berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan masyarakat.

Deta mengatakan, penghematan biaya transportasi rata-rata penumpang tiap bulannya adalah Rp 103.321.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Jatim Ajak Perempuan Berani Memulai Usaha

"BRT Trans Jateng juga meneguhkan pengarusutamaan gender yang semula angkutan lain tidak terlalu memberikan perhatian terhadap perempuan, Trans Jateng justru 75 persen adalah perempuan," ungkap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.