Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerek Literasi Dan Inklusi Keuangan, OJK Dukung FinExpo

Kamis, 27 Oktober 2022 17:17 WIB
Financial Expo (FinExpo) 2022. (Foto: Ist)
Financial Expo (FinExpo) 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegiatan pameran jasa keuangan atau Financial Expo (FinExpo) 2022 resmi dibuka di Central Park Mall, Jakarta selama lima hari mulai 26-30 Oktober 2022. Acara ini didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), 

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pemahaman terkait produk dan/atau layanan jasa keuangan lewat berbagai program literasi dan inklusi keuangan.

Sejak 2016, OJK menginisiasi bulan Oktober sebagai Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan secara terintegrasi, masif, dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia guna mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024, serta mendukung pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

"BIK juga menjadi kesempatan bagi LJK untuk terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan yang inklusif di indonesia, agar menjadi bekal penting dalam menghadapi tantangan ekonomi," kata Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK Edwin Nurhadi dalam keterangan resminya, Kamis (27/10).

Baca juga : Ini 3 Strategi Penting Inklusi Keuangan Dibahas Di SOE Conference International

Edwin mengungkapkan, inklusi keuangan adalah hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi dan merupakan tanggung jawab kita bersama. 

"Adanya kegiatan BIK sebagai agenda nasional setiap tahunnya, diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan. Terutama dalam rangka pemenuhan dan peningkatan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Tidak hanya masyarakat umum, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia yang terus bertambah setiap tahun dan berdampak besar bagi perekonomian Indonesia, juga menjadi perhatian khusus pada kegiatan FinExpo BIK 2022. 

Adanya permasalahan dan kendala yang dialami UMKM pada masa pandemi Covid-19, mendorong para LJK untuk memberikan wadah bagi UMKM untuk bangkit dari keterpurukan.

Baca juga : Pengamat: Kode Jokowi Dukung Airlangga Amat Jelas

Ketua FinExpo 2022, Wani Sabu mengatakan, dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian situasi ekonomi global yang terjadi saat ini, penting bagi seluruh pihak untuk memiliki akses dan pemahaman yang baik, termasuk pengelolaan keuangan. 

Hadirnya FinExpo BIK 2022 merupakan salah satu upaya dalam membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang instrumen keuangan melalui ragam edukasi dan pembukaan akses terhadap institusi, produk, serta layanan yang tersedia. 

"Harapannya, dengan pembukaan akses dan peningkatan pemahaman tentang keuangan, masyarakat dapat melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik dan mendukung taraf hidup masyarakat dapat meningkat,” kata Wani.

Selain itu, ia mengatakan, kegiatan Business matching pada kegiatan FinExpo BIK 2022 diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan peserta tentang kewirausahaan, sekaligus memberi motivasi untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM untuk bertahan dan beradaptasi pada kondisi apapun.

Baca juga : Dukung Ekonomi Digital, IAPI Gelar Profesi Keuangan Expo 2022

FinExpo BIK 2022 diikuti oleh 134 booth pameran yang terdiri dari berbagai industri jasa keuangan. Seperti perbankan, asuransi, pasar modal, pembiayaan, dana pensiun, pergadaian, fintech, dan e-commerce, hingga para pelaku UMKM. Telah tersedia berbagai akses keuangan yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun usaha.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.