Dark/Light Mode

Daikin Designer Award 2022 Hasilkan Inspirasi Hunian Dengan Tata Udara Berkualitas

Minggu, 30 Oktober 2022 14:28 WIB
Pengumuman pemenang Daikin Designer Award 2022. (Foto: Dok. Daikin)
Pengumuman pemenang Daikin Designer Award 2022. (Foto: Dok. Daikin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggaraan kompetisi tahunan bagi rancangan hunian dengan pada tata udara berkualitas serta aspek estetika, Daikin Designer Award 2022, mencapai puncaknya dengan mengumumkan seluruh pemenangnya pada di Jakarta, Jumat (28/10). Sepuluh pemenang dari tiga kategori utama dipilih di antara lebih dari 300 karya yang masuk sepanjang penyelenggaraan yang dimulai 14 Mei lalu.

“Tingginya jumlah peserta dalam kompetisi bidang khusus ini mewakili keberhasilan upaya Daikin dalam mempromosikan pentingnya tata udara berkualitas pada sebuah hunian modern, mendampingi perhatian pada unsur estetikanya,” ujar Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Ching Khim Huat, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (30/10).

Dia melanjutkan, hal ini sekaligus sebagai sinyal mengenai semakin tingginya perhatian masyarakat pada penciptaan kualitas udara lebih baik dalam rancang bangun huniannya.

Sebagai agenda tahunan PT Daikin Airconditioning Indonesia, keberadaan Daikin Designer Award merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mempromosikan desain tata udara yang mempertimbangkan kualitas udara dalam hunian yang pula memperhatikan faktor estetika. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan solusi tata udara AC Home Central yang merupakan teknologi tata udara terpusat Daikin.

Pada penyelenggaraan di tahun ini yang mengambil tema Technology for Your Imagination. Selain kategori pada hunian yang telah selesai pembangunannya, kompetisi ini juga membuka kategori desain yang masih berupa rancangan konseptual.

Baca juga : Presidensi G20 Indonesia Hasilkan Rp 21 T Dana Cadangan Hadapi Pandemi

“Hal ini sesuai dengan semangat yang dibawa Daikin dalam perhelatan ini. Selain mengapresiasi karya jadi, kompetisi rancangan konseptual menjadi upaya mempromosikan dukungan pada hunian dengan tata udara berkualitas yang tetap mengedepankan estetika,” ujar Ching Khim Huat lagi.

Sejalan dengan upaya untuk mempromosikan solusi tata udara bagi hunian ini, mendampingi dukungan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, penyelenggaraannya pun menggandeng serta Bumi Parama Wisesa serta Magran Living.

Dalam kategori terapan pada hunian yang telah selesai, Cowema Studio dengan hunian dua lantai bergaya klasik modern yang kental nuansa arsitektur gaya kolonial dan mengedepankan pencahayaan alami menjadi pemenang utama Daikin Designer Award 2022. Menopang keseluruhan tata udara dalam memberikan kenyamanan bagi penghuninya, perusahaan jasa arsitektur dengan pengalaman 8 tahun ini menerapkan sistem AC Daikin Super Multi NX dengan 4 unit outdoor yang terkoneksi 5 unit indoor Ceiling Mounted Duct dengan grill dan 4 unit indoor wall mounted.

Peringkat kedua diraih Pranala Associaties yang mengedepankan unsur pencahayaan. Sedangkan peringkat ketiga diraih Studiork Design dengan rancangan hunian gaya modern minimalist.

Dari kategori konseptual arsitektur, PT Sysu Desain Arsitektura didapuk sebagai pemenang utama setelah berhasil menarik perhatian juri dengan karya yang menggabungkan unsur geometri dan sustainabilitas pada desainnya. Menopang kualitas tata udara dalam hunian rancangannya ini, PT Sysu Desain Arsitektura menggunakan rangkaian produk Daikin VRV Home Series.

Baca juga : Panasonic Goes to Campus, Kembangkan Potensi Generasi Muda Berkualitas

Di antara terapannya pada kamar yang menggunakan Ceilling 3D Moisture Control Intelligent. Pilihan ini dijatuhkan dengan pertimbangan bentuk AC yang tersembunyi seolah menjadi satu dengan dinding serta kemampuan untuk mengendalikan tingkat kelembaban. Sementara, bagi area dapur dan kamar mandi yang membutuhkan perhatian khusus terkait tingkat kelembaban dan air, unit Durability Moisture Control Kitchen Ceiling Mounted Cassette dipilih untuk menjaga kualitas udara di kedua area tersebut tetap optimal.

Berhadapan dengan isu polusi dan hawa panas pada rancangan bangunan di kawasan Pantai Indah Kapuk ini, desainer PT Sysu Desain Arsitektura juga menggunakan unit Daikin Fresh Air yang dirancang sebagai solusi meningkatkan kualitas sirkulasi udara yang lebih bersih dan segar.

Sementara AER Design Studio yang berpusat di Surabaya menjadi pemenang kedua di kategori ini.

Pada kategori konseptual bagi desainer interior, Anima Interior menjadi pemenang utama dengan konsep desain ruang nyaman dengan pilihan warna netral yang tak lekang waktu. Untuk mendukung kenyamanan sekaligus menjaga keindahan keseluruhan desain ruang, VRV Home series dengan Indoor Ceiliing Mounted Duct yang diaplikasikan dengan box trox menjadi pilihan.

Terapan ini memungkinkan suplai udara sejuk pada ruang dengan tetap menjaga keindahan desain karena saluran udara yang tampak hanya berupa garis hitam dengan lebar 4 cm yang menyatu dengan elemen desain keseluruhan. Di sisi lain, peletakan unit Indoor Ceiling Mounted Duct untuk ruang keluarga, ruang makan dan pantry tampak tersamar dengan terapan kesan desain plafon yang dirancang dengan motif kotak-kotak untuk menyamarkan titik saluran udara.

Baca juga : Bamsoet Serap Aspirasi Utusan Golongan Kembali Masuk MPR

Lifetime Design berhasil menjadi pemenang kedua dengan membawa nuansa modern klasik pada keseluruhan desain yang juga memberi peluang interaksi lebih bagi tiap anggota keluarga untuk beraktivitas dan tumbuh bersama.

Khusus untuk kedua kategori konseptual, penghargaan khusus berupa Kimberly’s Choice juga diberikan. Sesuai namanya, penghargaan ini diberikan bagi karya yang menjadi pilihan selebritis Indonesia, Kimberly Ryder, yang juga duduk menjadi dewan juri dalam ajang Daikin Designer Award 2022.

Untuk kategori konseptual arsitektur, ConArch Studio menjadi pemenangnya. Sedangkan pada kategori konseptual desainer interior dimenangkan Anima Interior.

Selain hadiah dengan total ratusan juta rupiah, karya para pemenang juga akan dipublikasikan pada berbagai media yang menjadi rekanan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. “Menjadi bagian apresiasi kami sekaligus mempromosikan pada komunitas arsitektur, desainer interior serta masyarakat luas tentang imaji hunian yang memperhatikan tata udara yang nyaman dan terlihat elegan,” pungkas Ching Khim Huat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.