Dark/Light Mode

Pertapreneur Aggregator Masuki Babak 10 Besar, Ini Calon Jawaranya!

Senin, 31 Oktober 2022 20:00 WIB
Made Tea, salah satu UKM yang masuk ke 10 babak besar Pertapreneur Agregator. (Dok. Pertamina)
Made Tea, salah satu UKM yang masuk ke 10 babak besar Pertapreneur Agregator. (Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 10 mitra binaan PT Pertamina (Persero) siap berlaga pada Final Fitching Day menuju juara dan best innovation awardee di ajang Pertapreneur Aggregator.

Mitra binaan unggulan yang berasal dari 200 UMK (Usaha Mikro Kecil) yang telah melewati proses kurasi sangat ketat dari 200 lebih peserta UMK Academy 2022.

Mereka adalah Sathya Narayana (Denara Duta Mandiri), Nurhayati Aisyah (Asia Garment Internasional), Putu Wilas (CV Natural Bali Kulkul), Intan Anastasia Amsyah (Hitara Black Garlic), Bambang Tri Mulyono (Mbah Hardjo), Ismail Marzuki (Bali Honey Republic), Agung Setiawan (CV Woodeco Indonesia), Meeta A Fauzan (CV Aamira), Ni Made Roni (Made Tea) dan Wayan Putri Antara (CV Bali Ayu Shop).

Baca juga : Teman Bus Nggak Lagi Gratis, Begini Cara Bayarnya

“Sebanyak 10 mitra binaan ini merupakan pemenang babak semifinal yang diikuti 50 peserta. Babak final akan diselenggarakan awal Desember nanti,” tutur Manager Small Medium Enterprise & Partnership Program (SMEPP) Pertamina Rudi Arifianto, di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Pertamina melalui SMEPP mendorong pelaku UMK berkolaborasi untuk meningkatkan kapasitas, terutama daya saing di pasar global.

Melalui Program Pertapreneur Aggregator, disediakan ruang bagi UMKM mitra binaan untuk memiliki entrepreneurial mindset, inovasi, daya saing dan kolaborasi guna mempercepat pertumbuhan UMK dan menjadi UMK yang unggul.

Baca juga : Gelar Perkara, Kejagung Bidik Calon Tersangka

Menurut Rudi, pemenang program Pertapreneur Aggregator akan mendapatkan sertifikat dan benefit senilai ratusan juta rupiah.

“Mereka akan mendapatkan pendampingan selama satu tahun ke depan dan diikutkan dalam eksebisi atau pameran di dalam dan luar negeri,” katanya.

Dia menambahkan para jawara Pertapreneur Aggregator dan fasilitas untuk meningkatkan ekspor melalui pameran business to business internasional Trade Expo Indonesia (TEI) akan diberikan kepada UMK untuk meningkatkan kapasitasnya.

Baca juga : Naik Teman Bus Kini Berbayar, Ini Tarifnya

Penetrasi pasar akan dilakukan melalui ExportHub.id yang terkoneksi dengan Alibaba.com.

“Negara mana lagi membutuhkan barang apa UMK nanti bisa memberikan penawaran,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.