Dark/Light Mode

Perkuat Bisnis Global, BNI Akuisisi Debitur Diaspora Loan Di London

Rabu, 9 November 2022 18:40 WIB
Foto: Dok. BNI
Foto: Dok. BNI

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali berhasil mengakuisisi salah satu debitur diaspora loan di bidang kuliner Waroeng Windsor milik Diaspora Indonesia Aqaya Davenport di Windsor, Inggris.

Langkah ini, menambah list pencapaian BNI dalam bersaing secara global di segmen UMKM. Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, salah satu mandat BNI adalah untuk memfasilitasi Indonesia-related business di luar negeri.

Selain karena telah membuka cabang Internasional pertama sejak 1955, BNI telah memiliki Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) di berbagai pusat bisnis Internasional, yakni di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, dan New York. BNI juga melayani dari satu sub branch di Osaka, Jepang dan Representative Office di Amsterdam, Belanda.

Menurut Okki, usaha Waroeng Windsor memiiki potensi pengembangan yang sangat baik karena dapat menarik banyak perhatian pecinta kuliner di Inggris.

Baca juga : Perkuat Bisnis Kargo, Angkasa Pura I Teken Perjanjian Kerja Sama dengan PT JAS

“Kami merasa bangga diberi kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan Waroeng Windsor. Melalui Diaspora Loan ini, kami harapkan dapat dapat mengakomodir lebih banyak lagi kebutuhan Diaspora Indonesia di Inggris dalam mengembangkan usahanya,” ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/11).

 Ia memaparkan, khusus untuk program Diaspora Loan, BNI telah menjalankan program ini sejak tahun 2021 dengan tujuan memberikan dukungan pembiayaan untuk Indonesia-Related business yang dijalankan oleh Diaspora.

“Diaspora loan ini merupakan salah satu langkah BNI dalam menggali potensi-potensi bisnis, baik itu dari luar negeri ke Indonesia, maupun dari Indonesia ke luar negeri,” sebut Okki.

Hingga September 2022, BNI telah menjalin kerjasama dengan 29 nasabah diaspora di berbagai sektor di antaranya 14 restoran, 11 trading atau jasa, 3 minimarket dan 1 jasa transportasi,” pungkasnya.

Baca juga : Duel Membara Derbi London

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkesempatan mengunjungi dan meresmikan Waroeng Windsor tersebut di Windsor, Inggris, awal pekan ini.

Ia menyampaikan apresiasi secara positif penyaluran kredit bagi bisnis Diaspora Indonesia di Inggris yang dilakukan oleh BNI. “BNI memiliki program yang sangat positif bagi diaspora Indonesia segmen UMKM di luar negeri,” kata Sandiaga.

Pemilik Waroeng Windsor Aqaya Davenport bercerita, usaha ini merupakan bisnis restoran milik diaspora Indonesia yang mengadopsi konsep warung makan di Indonesia.

Warung pertamanya dibuka di Aldershot dan langsung mendapat penerimaan yang sangat positif baik dari diaspora Indonesia maupun masyarakat pecinta kuliner asal Inggris.

Baca juga : Perkuat Pasar Global, Telin Dan Expereo Bangun Kemitraan

“Berkah dari kecintaan terhadap makanan Indonesia, kami bersyukur Waroeng Windsor diganjar penghargaan dengan meraih peringkat #1 Tripadvisor dari 62 restoran di Aldershot,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.