Dark/Light Mode

PNM-Kementerian ATR/BPN Sinergi Percepatan Program Pendaftaran Tanah

Kamis, 10 November 2022 17:31 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi (tengah). (Foto: Dok. PNM)
Menteri ATR/Kepala BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi (tengah). (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan pameran yang bertajuk “Indonesia UMKM Expo” yang diselenggarakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang berlangsung 3-8 November 2022, di Gambir Expo, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Dalam kegiatan Indonesia UMKM Expo ini, PNM melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian ATR/BPN. Penandatanganan dilakukan Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi dan Sekjen Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto.

Baca juga : Kementerian ESDM Pasang 350 Penerangan Jalan di Sulsel

Penandatanganan MoU ini dihadiri Menteri ATR/Kepala BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Wakil Menteri ART/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni beserta jajaran Staf.

MoU itu meliputi percepatan pendaftaran tanah, asistensi pencegahan, permasalahan tanah, dan pemberdayaan tanah masyarakat. MoU berlaku bukan hanya bagi PNM, melainkan bagi anak usaha maupun afiliasi PNM.

Baca juga : Gus Halim: Peran Pertides Krusial Genjot Percepatan Pembangunan Desa

Tujuan dari penandatangan MoU ini untuk mengoptimalisasikan sinergi pelaksanaan tugas di bidang tanah serta pemberdayaan pengembangan usaha ultra mikro, kecil dan menengah untuk membantu memajukan ekonomi kerakyatan Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama dan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan PNM dengan Kementerian ATR/BPN, harapannya melalui dan bersama PNM mampu membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia lebih cepat dengan pemetaan data yang tepat,” ucap Arief Mulyadi, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (10/11).

Baca juga : Kementan Gandeng TNI Percepat Vaksinasi Dan Penandaan Ternak Di Jateng

Hingga 3 November 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 156,8 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13 juta orang. Saat ini PNM memiliki 4.197 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.