Dark/Light Mode

Bakal Serap 1 Juta Motor Listrik Lokal Untuk Karyawan, Menteri Teten Support HIPPINDO

Sabtu, 12 November 2022 09:08 WIB
Menkoo UKM Teten Masduki (kedua kiri) saat menyaksikan Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding/MoU) HIPPINDO dan PT Marco Indokarya di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkoo UKM Teten Masduki (kedua kiri) saat menyaksikan Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding/MoU) HIPPINDO dan PT Marco Indokarya di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Kemenkop UKM, kata Teten, berupaya terus dalam menyusun strategi pengembangan UMKM hijau melalui beberapa program. Di antaranya, kemitraan usaha seperti Green Value Chains di Al Ittifaq serta sertifikasi organik (sayur mayur dan buah buahan).

Kemudian akses pasar seperti e-commerce green-product, pameran skala internasional tematik ekonomi hijau. Inkubasi Wirausaha meliputi pengembangan wirausaha sosial, khususnya dengan telah diterbitkannya Perpres Nomor 2 tahun 2021 tentang kewirausahaan yang memberikan kemudahan. Terakhir, digitalisasi UMKM, di mana saat ini sudah ada 20,2 juta UMKM telah terhubung dengan ekosistem digital.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Bantuan 10 Motor Listrik BS Elektrik Ke Pangkostrad

“Kami juga terus mendorong start-up anak muda yang bergerak di bidang ramah lingkungan. Seperti Bell Society pemenang kompetisi bisnis model Korea-Asean 2020 yang mengolah limbah pertanian (kulit buah) menggantikan kulit sintetis yang tidak ramah lingkungan,” ujar Teten.

Ia berharap, dengan kerja sama HIPPINDO dan Marco Indokarya dapat meningkatkan hubungan bisnis yang ramah lingkungan, serta mewujudkan netralitas karbon lebih cepat dan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca juga : Di Solo Dan Denpasar, PLN Fokus Uji Coba Kompor Listrik Untuk Keluarga Penerima Manfaat

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah menambahkan, penyerapan sejuta motor listrik tersebut juga sejalan dengan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang mendukung pengembangan produk lokal.

Selain itu, program tersebut dapat membantu karyawan mengurangi BBM bersubsidi, dengan mendukung pengembangan pabrik motor lokal, yang menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

Baca juga : Merasa Dikriminalisasi, Istri Mantan Menteri ATR/BPN Lapor Ke Ombudsman

“HIPPINDO siap menyerap. Untuk itu kami juga bekerja sama dengan Tokopedia, sebagai jaringan untuk membantu jualan secara online. Hari ini kami melakukan pre order (PO) sebanyak 3 ribu unit dari 30 ribu unit di tahap awal, sebagai langkah menuju satu juta unit motor,” ujarnya. 

Selanjutnya, Budihardjo mengharapkan dukungan dari KemenKopUKM untuk melakukan riset dari kualitas local brand. Kemudian, dari sisi koperasi karyawan juga siap membeli dengan bantuan pendanaan lewat KUR Klaster. “Diharapkan program ini bisa berlanjut untuk di ekspor ke Malaysia tahun depan,” pungkas Budihardjo. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.