Dark/Light Mode

Penjualan Kinclong, Indofood Raup Untung

Kamis, 1 Agustus 2019 07:01 WIB
Direktur Utama Indofood Anthoni Salim. (Foto: Nikkei Asian Review)
Direktur Utama Indofood Anthoni Salim. (Foto: Nikkei Asian Review)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja semester I-2019 PT Indofood Sukses Makmur Tbk cukup kinclong. Perseroan berhasil membukukan penjualan neto konsolidasi Rp 38,61 triliun. Jumlah tersebut naik 7.2 persen menjadi Rp36,00 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Direktur Utama Indofood Anthoni Salim mengatakan, laba usaha perseroan juga meningkat 5,5 persen menjadi Rp 4,79 triliun dengan marjin laba usaha sebesar 12.4 persen. Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga meningkat 30.1 persen menjadi Rp 2,55 triliun dari Rp 1.96 triliun dan marjin laba bersih meningkat menjadi 6.6 persen dari 5.4 persen. 

"Kami merasa senang dapat kembali mencatatkan kinerja yang baik pada semester pertama tahun 2019 ini, dimana pencapaian yang baik telah dikontribusikan oleh Grup CBP termasuk pada periode hari raya yang baru saja berlalu,” ujarnya seperti ditulis Kamis (1/8).

Baca juga : Pendekatan Pada Mitra Binaan, Garudafood Adakan Kampung Wirausaha

Menurut tantangan pada semester I adalah penurunan harga CPO yang terus berlanjut telah memberikan tekanan bagi kinerja Grup Agribisnis. “Kami masih percaya akan hasil yang positif di sisa tahun ini dengan mempertahankan keunggulan kompetitif kami melalui peningkatan produktivitas dan pengendalian biaya,” ujarnya.

Indofood CBP

Pada periode sama, PT Indotood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membukukan kenaikan penjualan neto konsolidasi sebesar 13,7 persen menjadi Rp 22,13 triliun dibandingkan Rp 19,46 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca juga : Penjualan Toyota Juni Turun, Ini Penyebabnya

Laba usaha ICBP tumbuh 17.7 persen menjadi Rp 3.85 triliun dari Rp 3.27 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu. Sedangkan marjin laba usaha naik menjadi 17.4 persen. Laba periode berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemillk entitas induk meningkat 12.4 persen menjadi Rp 2,57 triliun dari Rp 2,29 triliun pada periode yang sama tahun lalu dan marjin laba relatif stabil di kisaran 11.6 persen. 

“Kami berbesar hati bahwa ICBP mampu mencatatkan kinerja yang baik pada semester pertama 2019 dengan meraih tingkat pertumbuhan penjualan dan Iaba bersih sebesar double digit,” ujar Anthoni yang juga Direktur Utama ICBP itu.

Memasuki paruh kedua 2019, kata dia, kondisi pasar diperkirakan masih terus menantang. Namun demikian, perseroan akan tetap fokus menjalankan strategi untuk menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan serta menempatkan ICBP pada posisi yang lebih baik guna menghadapi tantangan ke depannya. [DIT]

Baca juga : 11.100 Pengusaha Warmindo Ikut Mudik Bareng Indofood

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.