Dark/Light Mode

Dukung Usaha Kecil, KAI Resmikan Teras UMK Di Stasiun Bandung

Senin, 14 November 2022 17:50 WIB
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo melihat produk UMK binaan KAI di Teras UMK Stasiun Bandung. (Foto: KAI)
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo melihat produk UMK binaan KAI di Teras UMK Stasiun Bandung. (Foto: KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK) dengan membuat Teras UMK di Stasiun Bandung.

Peresmian Teras UMK di Stasiun Bandung diresmikan, Kami pekan lalu. Teras UMK adalah Program Pendayagunaan UMK Mitra KAI yang pertama dibuka di lingkungan area bisnis KAI. Tujuannya adalah sebagai sarana UMK binaan KAI untuk menjajakan produknya bagi masyarakat, khususnya pelanggan kereta api.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, meskipun menghadapi tantangan yang luar biasa akibat pandemi selama 2 tahun, KAI dengan semangat tinggi terus membangun kolaborasi dalam rangka membangun kemanfaatan kepada lingkungan. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan meresmikan Teras UMK di Stasiun Bandung.

Baca juga : Dukung Pandemic Fund, Pengamat: Demi Percepatan Penanganan Pandemi Di Masa Depan

“Hadirnya Teras UMK ini juga merupakan dukungan KAI terhadap program Kementerian BUMN dalam rangka membangun konektivitas dan kesinambungan antara BUMN dengan masyarakat setempat. KAI sudah melakukan program-program Tangung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang pendayagunaan UMK, sehingga di setiap wilayah kerja KAI ada TJSL ataupun mitra-mitra binaan yang terus kita kembangkan,” kata Didiek.

Teras UMK di Stasiun Bandung terletak di sisi selatan stasiun. Berbagai produk dengan kualitas terbaik dapat dibeli di Teras UMK, seperti makanan, minuman, fesyen, dan kerajinan yang seluruhnya merupakan produk UMK. Sebanyak 24 UMK binaan KAI libatkan untuk mengisi etalase Teras UMK. Pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian melalui uang tunai, kartu debit, kartu kredit, ataupun menggunakan QRIS.

Tak hanya di Stasiun Bandung, ke depan KAI akan menyediakan Teras UMK di stasiun-stasiun lainnya dan akan menjadi program strategis KAI yang sustainable. Hal ini sesuai dengan ketentuan pemerintah dalam hal penyediaan kuota bagi UMKM pada infrastruktur publik.

Baca juga : Relawan Puan Kembali Gelar Kegiatan Sosial Di Jabar Dan Jatim

Sampai dengan tahun 2022 ini, KAI telah menyalurkan dana Rp 25,9 miliar bagi 2.692 UMK binaannya. UMK tersebut meliputi sektor Industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan, dan lainnya. Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi bagi UMK binaannya. KAI juga mengikutkan UMK binaannya dalam berbagai pameran untuk meningkatkan daya saing produk lokal.

“Harapannya, Teras UMK yang menjadi etalase para UMK binaan KAI untuk para pengunjung stasiun atau pelanggan KAI ini dapat terus berkembang. KAI akan terus membangun kerja sama dengan para pelaku UMK untuk dapat memberikan manfaat dan mengembangkan usahanya dengan baik.” tutup Didiek.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.