Dark/Light Mode

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Gaet Agregator, Kemenkop UKM Ajak ASN Belanja Produk UMKM

Selasa, 15 November 2022 19:19 WIB
UMKM. (Foto: Istimewa)
UMKM. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kemenkop UKM katanya, memiliki tugas melakukan perlindungan, serta pemberdayaan bagi UMKM. Untuk itu, kegiatan pameran semacam ini harus diperbanyak.

“UMKM kalau tidak memproduksi suatu barang, jika tak didukung atau difasilitasi maka akan kalah bersaing,” sebut Sesmenkop. Tak hanya itu, Arif uga mengajak pegawai ASN di luar Kemenkop UKM seperti Kemenkumham, Kemenkes, KPK, maupun Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan pameran sejenis.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Baca juga : Akurindo Pamerkan Produk UMKM Terbaik Di KTT G20

Tahap pertama, Kemenkop UKM telah mengomunikasikan dengan Kementerian BUMN, Kemenkeu, maupun swasta, dan berencana menyelenggarakan kegiatan yang sama secara online maupun offline.

“Kami bekerja sama dengan beberapa agregator, tak hanya M Bloc tapi juga dengan Sarinah. Dengan begini produk-produknya sudah terkurasi. Ini adalah kewajiban ASN untuk menggunakan produk UMKM,” katanya.

Hanung berharap, ASN Serbu Lokal Keren akan menjadi program rutin tahun depan. Tak hanya itu, kegiatan tersebut mampu menjadi upaya Kemenkop UKM dalam menjaga daya beli masyarakat, mengingat tantangan di tahun 2023 juga semakin tinggi.

Baca juga : UKM Sahabat Sandi Makassar Gelar Pasar Sembako Murah

“Secara nasional, Pemerintah juga gencar mengoptimalkan kebijakan fiskal, belanja negara 40 persen produk UMKM bahkan diharapkan bisa mencapai 100 persen. Khususnya dalam mendorong daya beli di kelompok menengah atas yang diperkirakan terus tumbuh,” katanya.

Sementara itu, Chief Operating Officer M Bloc Market Jozarki Terunajaya mengatakan, sejak dua tahun M Bloc Market beroperasi, sudah ada sekitar 6 ribu produk dari 500 pelaku UMKM. Terbukti mereka yang hari ini hadir dalam pameran ASN Kemenkop UKM tetap konsisten dan berkembang.

“Sehingga ketika kita promosikan secara online dan offline mereka siap. Setiap hari produk UMKM yang kita kurasi terus bertambah. M Bloc Market juga sudah memiliki cabang di Padang, Medan, dan Jakarta,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.