Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Program Pemberdayaan PHE

Kubedistik Dan Karawang Berseri Diganjar Penghargaan Internasional

Rabu, 16 November 2022 15:10 WIB
Program pemberdayaan difabel PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field, bagian dari Zona 10 Regional Kalimantan (Foto: Istimewa)
Program pemberdayaan difabel PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field, bagian dari Zona 10 Regional Kalimantan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berkomitmen mendorong pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender melalui program pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar daerah operasi.

Program tersebut disusun secara terencana sebagai program berkelanjutan di bidang ekonomi dan sosial untuk mendorong kemandirian dan kesejahteraan kelompok binaan. Harapannya, melalui program ini akan terjadi perubahan perilaku, menuju perbaikan kualitas lingkungan sekitar.   

Bersama kelompok masyarakat, Satgas Karawang Berseri yang terdiri dari 34 perempuan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Anak Perlindungan, Lembaga Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) CARE Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Rifka Annisa Women's Crisis Center dengan total penerima manfaat mencapai lebih dari 6.350 keluarga atau lebih dari 25 ribu orang.  

Program pemberdayaan perempuan unggulan ini adalah penanganan kekerasan berbasis masyarakat terhadap perempuan dan anak di Karawang, Jawa Barat, atau disebut "Karawang Berseri" atau "Karawang Bebas Kekerasan Semakin Maju dan Mandiri", yang dilaksanakan oleh PT Pertamina EP (PEP) Tambun Field yang tergabung di Zona 7 Regional Jawa. 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumsel Gelar Doa Untuk Negeri

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang kesetaraan gender. Harapannya dapat mengurangi kasus kekerasan di masyarakat dan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak secara mandiri dan berkelanjutan.  

Sampai saat ini, Subholding Upstream Pertamina tidak pernah dihadapkan pada pengaduan terkait dugaan diskriminasi dalam hal permasalah gender. Hal ini merupakan komitmen PHE untuk mencapai SDGs 5 perihal kesetaraan.  

Program pemberdayaan perempuan lainnya juga dilaksanakan di wilayah kerja PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field, bagian dari Zona 10 Regional Kalimantan, melakukan pemberdayaan perempuan dan masyarakat difabel melalui Program Kelompok Usaha Bersama Difabel Batik (Kubedistik).

Program Kubedistik ini beranggotakan 22 penyandang disabilitas yang terdiri dari 15 orang perempuan yang tuli, memiliki cacat fisik, dan cacat intelektual.  

Baca juga : Jokowi: Saya Selalu Perjuangkan Rakyat Kecil Dan Negara Berpenghasilan Rendah

Corporate Secretary PT PHE, Arya Dwi Paramita menjelaskan, melalui serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas, para perempuan penyandang disabilitas tersebut terampil melakukan pewarnaan batik ramah lingkungan, menjahit dan berpromosi melalui sosial media.

"Dalam waktu 3 bulan, mereka mampu bekerja secara profesional dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Selain itu, PEP Tarakan Field juga memfasilitasi pengurusan hak cipta atas motif batik yang telah dibuat," ungkap dia dalam keterangannya, Rabu (16/11).

Hingga kini, sudah ada 6 motif yang sudah di hak ciptakan. Semua motif batik yang dihasilkan murni hasil karya anggota Kubedistik. Motif tersebut terinspirasi dari kegiatan produksi minyak di Kota Tarakan serta budaya dan kekayaan alam Kota Tarakan.  

Program Kubedistik juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah. Salah satunya berasal dari Pemerintah Kota Tarakan, melalui Peraturan Wali Kota Tarakan Nomor 7 Tahun 2021, Pemerintah Kota Tarakan mewajibkan PNS di Kota Tarakan memakai Batik Kubedistik setiap hari Kamis.

Baca juga : Kembangkan Pesisir, Bupati Zaki Borong Penghargaan

Dukungan pemerintah kepada Kubedistik berdampak signifikan terhadap kelancaran operasional perusahaan. 

Program binaan PEP Tambun Field dan PEP Tarakan Field memperoleh penghargaan International 14h Annual Global CSR Award 2022. Kedua lapangan tersebut meraih penghargaan Gold in Empowerment of Women Award kategori Empowering Gender Equality untuk Program Kubedistik dan Karawang Berseri, yang dilaksanakan di Hotel JW. Marriot Hanoi, Vietnam, pada Kamis (3/11).  

PHE juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compat (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022. PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek Environment, Social, dan Governance (ESG).

PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang environmentally friendly, socially responsible dan good governance. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.