Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Pesisir, Bupati Zaki Borong Penghargaan

Rabu, 9 November 2022 19:46 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kembali mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya membangun kawasan pesisir.

Kali ini, Bupati Zaki mendapatkan penghargaan dalam Road to CNBC Indonesia Awards 2022: The Best Regional Leaders untuk kategori Exellence in Coast Urban Design.

Sebelumnya, Bupati Zaki juga diganjar penghargaan Special Award: The Most Integrated Green Fishery Village, Ecosystem Development in Regency dalam Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022, Selasa (8/10).

Dalam penghargaan kali ini, Bupati Zaki dinilai berhasil meningkatkan perekonomian serta membangun infrastruktur di kawasan pesisir. Pimpinan Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel pun memberikan plakat penghargaan kepada Bupati Zaki.

Baca juga : Bangkit Dari Pandemi, Ini Jurus Pengusaha Logistik

"Selamat atas penghargaan ini, maju terus buat bapak dan Kabupaten Tangerang. Sekali lagi selamat," ungkapnya di Kantor CNBC Indonesia, Rabu (9/11).

Menerima kehormatan tersebut, Bang Zaki, panggilan akrabnya berterima kasih atas apresiasi yang diberikan. Kata dia, ini merupakan pelecut motivasi dirinya untuk terus mengembangkan kawasan pesisir.

"Terima kasih, ini memberikan kami semangat dan motivasi untuk terus membangun desa dan juga pesisir di Kabupaten Tangerang, termasuk desa-desa yang lain," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, ia menuturkan, fokus utama Pemkab Tangerang adalah pembangunan infrastruktur dan ekonomi di wilayah pesisir. Salah satunya di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.

Baca juga : Kembangkan Kawasan Pesisir, Bupati Zaki Diganjar Penghargaan

Adapun, kini kawasan pesisir tersebut telah berkembang menjadi wilayah ekonomi baru serta ramah ekosistem laut. Hal ini berkat berhasilnya program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).

Program ini sendiri berfokus pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir dan juga penataan pemukiman, mulai dari bangunan, sanitasi hingga infrastruktur. Bahkan desa nelayan tersebut juga menjadi percontohan nasional dan internasional untuk pembangunan daerah pesisir.

Faktor utama keberhasilan pembangunan ini adalah penanaman hutan mangrove yang membuat kualitas air semakin baik dan produktif untuk tambak ikan dan udang. Bahkan selama 30 tahun terakhir abrasi yang terjadi di pesisir Kabupaten Tangerang bisa diminimalisir dengan penanaman hutan mangrove tersebut, serta berhasil menghentikan banjir rob yang kerap terjadi.

"Bisa kita lihat pembangunan secara integrasi, ketika mangrove tumbuh itu memperbaiki kualitas lingkungan dan air. Ini menjadi percontohan," terang Bupati Zaki.

Baca juga : Jenderal Buka Borok Jenderal

Tidak hanya Desa Ketapang yang dilakukan pembenahan. Akan ada empat desa lagi yang menjadi fokus pembangunan desa pesisir di Kabupaten Tangerang, yaitu Desa Kronjo, Surya Bahari, Tanjung Pasir, dan Marga Mulya yang dibangun menyesuaikan kebutuhan masing-masing wilayah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.