Dark/Light Mode

PLN Raih 2 Penghargaan Dari Yayasan BUMN Untuk Indonesia

Jumat, 18 November 2022 20:38 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas memberikan dua penghargaan kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo di Merusaka Hotel, Nusa Dua Bali pada Kamis (17/11). (Dok. PLN)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas memberikan dua penghargaan kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo di Merusaka Hotel, Nusa Dua Bali pada Kamis (17/11). (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
PLN telah menyalurkan stimulus listrik sebesar Rp 24,23 triliun yang dianggarkan pemerintah untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Darmawan merinci, sepanjang tahun 2020, sejak April pemerintah melalui PLN menyalurkan Rp 13,15 triliun kepada 33,02 juta pelanggan.

Untuk tahun 2021, alokasi anggaran untuk stimulus listrik sebesar Rp 11,08 triliun kepada 31,94 juta pelanggan.

Baca juga : HNW Usul Anggaran Moderasi Beragama Dialokasikan Untuk Guru Inpassing

Dana stimulus tersebut digunakan oleh pemerintah melalui PLN untuk memberikan pemakaian listrik gratis dan diskon 50 persen bagi pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450VA dan industri kecil daya 450 VA.

Kemudian juga diberikan diskon 50 persen dan 25 persen untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA bersubsidi.

Stimulus diskon listrik ini juga diberikan kepada pelanggan prabayar maupun pasca bayar. Selain itu, PLN juga memberikan pembebasan biaya beban atau abonemen dan pembebasan ketentuan rekening minimum 50 persen untuk pelanggan industri, bisnis dan sosial.

Baca juga : Top, Bank DKI Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Terbaik dari Pemprov DKI

Pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

"Stimulus tersebut bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah pada masyarakat. PLN bertugas menyalurkan stimulus ke masyarakat dengan baik dan tepat sasaran," pungkas Darmawan.

Tak berhenti di situ, PLN melalui program “Bersama Pulihkan Indonesia” juga turut menggalang dana bantuan kemanusiaan selama Covid-19.

Baca juga : Pamerindo Kembali Hadirkan Pameran B2B Plastics & Rubber Indonesia 2022

Melalui bantuan PLN Peduli, PLN menyalurkan bantuan sebesar Rp 14,05 miliar berupa alat pelindung diri (APD) dan masker, bantuan pangan, obat-obatan serta sarana dan prasarana kesehatan. Karyawan PLN pun turut berdonasi hingga terkumpul Rp 17 miliar yang disalurkan untuk membantu warga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.