Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perpusnas Beri Penghargaan Untuk 9 Penulis Terbaik

Senin, 14 November 2022 15:43 WIB
Penyerahan penghargaan untuk penulis dan penerbit terbaik oleh Perpusnas. (Foto: Dok. Perpusnas)
Penyerahan penghargaan untuk penulis dan penerbit terbaik oleh Perpusnas. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kembali memberikan penghargaan untuk penulis buku terbaik dan penghargaan kepada pelaksana aktif serah yang tertib menyerahkan karyanya. Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap Pelaksana Serah Karya yang telah tertib melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, serta Pencipta Karya (penulis buku cetak) yang telah menghasilkan dan menyerahkan karya buku terbaiknya ke Perpusnas.

Penilaian dan pemberian penghargaan diberikan kepada penulis karya cetak yang telah menerbitkan karyanya mulai dari 2016 sampai Juli 2022 serta telah diserahsimpankan. Tahun ini, terdapat sembilan buku terbaik dari tiga subjek, yaitu subjek sains dan data, fotografi, dan hukum tenaga kerja.

Untuk subjek sains dan data terbaik pertama diraih buku berjudul "Teknik Eksplorasi Data yang Harus Dikuasai Data Scientist" karya Bagus Sartono, Dewi Kiswani Bodro, Gerry Alfa Dito. Subjek fotografi terbaik pertama diraih buku "Kisah Mata Fotografi antara Dua Subjek: Perbincangan tentang Ada" karya Seno Gumira Ajidarma. Sedangkan subjek hukum tenaga kerja, buku berjudul "Penyalahgunaan Keadaan (Undue Influence) dalam Perjanian Kerja: Karakteristik, Mekanisme Penyelesaian dan Pencegahan" karya Nabiyla Risfa Izzati meraih terbaik pertama.

Baca juga : Property Awards ke-8, Apresiasi 53 Kategori Perusahaan, Arsitek, dan Desainer Terbaik

Sedangkan penghargaan penerbit dan produsen karya rekam, diberikan kepada 10 penerbit dari tiga jenis koleksi terbitan atau publikasi yang diserah-simpankan ke Perpusnas. Di antaranya, buku, buku elektronik, dan media cetak terbitan berkala.

Jenis koleksi buku diserahkan kepada penerbit Biru Atma Jaya, Azkiya Pubishing, Gajah Mada University Press, dan IPB Press. Jenis koleksi buku elektronik, diserahkan Deepublish, Among Karta, Universitas Islam Indonesia serta Universitas Katolik Soegijapranata. Sedangkan jenis media cetak terbitan berkala, diserahkan kepada PT Kompas Media Nusantara, dan PT Republika Media Mandiri.

Kepala Perpunas Muhammad Syarif Bando mengapresiasi para penulis yang telah menghasilkan bahan bacaan untuk masyarakat. Menurutnya, buku yang dihasilkan merupakan wujud dari kesetiaan kepada bangsa untuk memberikan yang terbaik dalam bentuk tulisan yang dibutuhkan masyarakat.

Baca juga : Satupena Gelar Pelatihan Menulis Dan Entrepreneurship Gratis

"Indonesia butuh penulis, Indonesia butuh buku-buku. Penghargaan ini merupakan trigger bahwa Indonesia membutuhkan buku. Saya yakin dan percaya buku yang ditulis para penulis ini adalah buku yang terbaik," kata Syarif, dalam Pekan Penghargaan Tahun 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, Senin, (14/11).

Syarif Bando mengatakan, negara yang tumbuh bersama dengan buku pasti negara itu akan maju. Perpustakaan, civitas akademi, dan penulis dapat mengambil peran dalam memperbanyak buku-buku untuk memastikan kemenangan di masa akan datang.

"Kami mengharapkan ke depan lebih banyak lagi buku-buku yang kita terbitkan untuk mengakomodir masyarakat dengan ilmu-ilmu terapan. Kita dapat mengambil peran untuk memperbanyak buku agar masyarakat tidak lapar buku," lanjutnya.

Baca juga : Program Pembinaan UMKM Di Jakarta Miskin Terobosan

Pada kesempatan yang sama, penyanyi Lisa A Riyanto menyerahkan karya buku cetak daftar lagu A Riyanto dan harddisk audio lagu A Riyanto kepada Perpusnas. Putri bungsu A Riyanto ini mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk berkontribusi mendukung serah simpan karya rekam.

"Keluarga memberikan produksi rekaman lagu-lagu dari almarhum Bapak A Riyanto. Mungkin ini belum semuanya karena ada ribuan lagu yang pernah diciptakan. Keluarga masih mengumpulkan karena keberadaannya masih terpencar. Kami berusaha untuk memberikannya kepada Perpusnas secara teratur," ungkap Lisa.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.