Dark/Light Mode

Terdampak Gempa, Sandiaga Uno Fokus Perbaiki Destinasi Wisata Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 21:05 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, tidak sedikit destinasi wisata yang terdampak.

Misalnya, Desa Wisata Gunung Padang. Tepatnya, di area pintu masuk Desa Wisata yang berlokasi di Kampung Gunung Padang, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

"Kerusakannya sekitar 5 persen dan itu diberitahu oleh kadis Pariwisata Cianjur. Karena para pelaku pariwisata ekonomi kreatif lebih siap," kata Sandi, sapaan akrabnya. 

Baca juga : Tim Kemanusiaan BIN Jalan Kaki Ke Wilayah Terpencil Di Cianjur

Meski begitu, disebutkannya , pelaku ekonomi kreatif tak begitu berdampak secara signifikan. Sebab, menurut Sandi, pelaku Parekraf telah menerapkan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dan memperoleh sertifikat.

"Karena kita baru saja mensertifikasi CHSE dan mereka berhasil memenangkan ini. Sehingga dampaknya ini hanya di tempat masuk saat wisatawan entry di Desa Wisata Situs Gunung Padang," ungkap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini. 

Tidak hanya Desa Wisata Gunung Padang, ada pula destinasi wisata lain yang terdampak bencana gempa bumi Cianjur, walaupun kerusakan yang dialami hanya berkisar antara 5-10 persen. Sementara untuk jumlah korban jiwa, Sandi belum bisa memastikan.

Baca juga : Tak Terdampak Gempa,, Le Eminence Hotel Puncak Beroperasi Seperti Biasa

"Di sentra ekonomi kreatif di Kota Cianjur sendiri kerusakannya juga relatif minimal antara 5-10 persen. Dari pelaku parekraf, Alhamdulillah per hari ini kami blum diberitahukan jumlah korban jiwa yang signifikan," beber Sandi. 

Ditambahkannya, sampai saat ini destinasi wisata yang ada di Kabupaten Cianjur ditutup sementara. Sebab, pihaknya tengah fokus untuk memperbaiki bangunan yang terdampak untuk memastikan keamanan wisatawan.

"Ditutup sementara termasuk yang di Cipanas, yang di laporkan kepada kami sekarang ini dilakukan perbaikan dulu, dipastikan kondisi bangunannya kuat," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.