Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dari Program Prakerja, Ledia Kini Mampu Kembangkan Bisnis Kecantikan

Selasa, 29 November 2022 15:02 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Menjadi tutor dan wirausaha kecantikan, Ledia membagi waktu antara kediaman dan usaha kecantikannya di Sungai Tebelian dan mengajar di Binjai Hulu.

Satu kali dalam sepekan dia harus menempuh jarak 1,5 jam mengendarai motor sendiri untuk mengajar. Terkadang klien juga memesan jasanya di Binjai Hulu dan bahkan sampai di Sintang, yang merupakan ibu kota kabupaten.

Baca juga : ESG Jadi Peta Jalan Pertamina untuk Bisnis Berkelanjutan

Dari bekerja sebagai tutor dan menjadi wirausaha di bidang kecantikan membuat Ledia dapat menghasilkan sekitar Rp 1,5 juta per bulan yang digunakannya membantu keuangan rumah tangga.

Kartu Prakerja tidak hanya membantunya mendapatkan kemampuan baru, tapi juga mengenal dompet online atau e-wallet yang digunakannya untuk membeli pulsa dan token listrik.

Baca juga : Ribuan Masyarakat Palembang Doakan Korban Gempa Cianjur

Dengan berbagai hal positif yang diterimanya lewat Kartu Prakerja, dia berharap program itu akan terus berjalan dan memperbanyak pelatihan yang dapat diterima oleh pekerja lain di Indonesia.

Dengan pelatihan dan ditambah usaha keras dari masing-masing individu maka dia mengharapkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bagian Indonesia akan meningkat.

Baca juga : Ganjar: Program Tuku Lemah Oleh Omah Jadi Solusi Bantu Korban Bencana

Seperti diketahui, perempuan memiliki peran besar dalam menjalankan roda perekonomian di Indonesia, yang dapat dibuktikan lewat data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 yang memperlihatkan 64,5 persen atau sekitar 37 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dikelola perempuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.