Dark/Light Mode

Dari Program Prakerja, Ledia Kini Mampu Kembangkan Bisnis Kecantikan

Selasa, 29 November 2022 15:02 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Besarnya proporsi itu memperlihatkan pentingnya peran perempuan dalam ekonomi, dengan UMKM berkontribusi sebesar 61,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2021.

Namun, di sisi lain masih terjadi ketimpangan antara perempuan dan laki-laki termasuk di isu vital seperti pendidikan dan ketenagakerjaan.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam publikasi Profil Perempuan Indonesia 2021 menyoroti bahwa persentase perempuan yang tidak memiliki ijazah lebih tinggi dibanding laki-laki yaitu 17,20 persen dibanding 12,45 persen.

Baca juga : ESG Jadi Peta Jalan Pertamina untuk Bisnis Berkelanjutan

Sementara itu, jumlah perempuan yang lulus SMA/sederajat juga berada di bawah laki-laki yaitu 26,32 persen dibandingkan 31,88 persen, berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2020.

Di saat bersamaan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan juga baru mencapai 54,2 persen. Angka itu memperlihatkan persentase lebih rendah dibanding TPAK laki-laki sebesar 83,6 persen, berdasarkan data BPS per Februari 2022.

Wirausaha kemudian menjadi salah satu sektor di mana perempuan dapat mengembangkan diri mereka sambil memastikan mendapatkan pendapatan dari usahanya. Program Kartu Prakerja kemudian hadir untuk turut berperan membantu perempuan meningkatkan kemampuan mereka.

Baca juga : Ribuan Masyarakat Palembang Doakan Korban Gempa Cianjur

Hadir sejak 2020, program yang diluncurkan Presiden Joko Widodo itu sudah memiliki 16,45 juta penerima manfaat tersebar di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Menurut data survei Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, sekitar 55 persen penerima manfaat pada tahun ini adalah perempuan.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan bahwa kehadiran berbagai pelatihan yang dilakukan online ikut mendukung perempuan kembali ke pasar kerja lewat wirausaha.

Baca juga : Ganjar: Program Tuku Lemah Oleh Omah Jadi Solusi Bantu Korban Bencana

Dengan pelatihan yang disediakan ekosistem Kartu Prakerja, diharapkan dapat mendorong para perempuan di Indonesia untuk berkontribusi dalam perekonomian Indonesia melalui berbagai pengembangan usaha yang mereka lakukan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.